Jumat, 30 Desember 2016 13:52 WIB

Plt Gubernur DKI Minta Warga Hidupkan Kembali Siskamling

Editor : Hermawan
JAKARTA, Tigapilarnews.com - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta, Soni Sumarsono meminta kepada warga Jakarta untuk menghidupkan kembali siskamling (sistem keamanan lingkungan).

Mengingatkan kegiatan siskamling sangat penting dalam menjaga keamanan lingkungan. Sebab, keamanan tidak hanya menjadi tanggung jawab aparat saja, akan tetapi juga perlu dukungan dari masyarakat.

"Di Jakarta masyarakat jangan hanya mengandalkan kepolisian saja. Keamanan ini jadi bagian kebutuhan pokok dari warga. Jadi siskamling tetap harus dihidupkan kembali," tandas Soni, di Puskesmas Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, Jumat (30/12/2016).

Soni menuturkan, dengan adanya siskamling deteksi dini terhadap kejahatan bisa diketahui. Sehingga peristiwa perampokan seperti yang terjadi di Pulomas dapat diketahui lebih awal.

"Saya sudah meminta kepada walikota untuk mengajak warganya menghidupkan siskamling lagi, untuk mendeteksi dini. Jadi kasus seperti di Pulomas bisa dideteksi dan dicegah," jelas Soni.

Dikatakan Soni, siskamling harus diperkuat dari tiga aspek, yaitu tertib siskamling, akses pelaporan dipercepat, dan partisipasi masyarakat.

"Kami berikan fasilitas dengan mekanisme berjenjang, untuk keamanan masyarakat. Mulai dari tingkat kelurahan, kecamatan, babinsa hingga kepolisian," pungkas Soni. (ist)

 
0 Komentar