Sabtu, 24 Desember 2016 10:54 WIB

Aneh, Salju Turun di Gurun Sahara

Editor : Hermawan
JAKARTA, Tigapilarnews.com - Fenomena aneh terjadi di Gurun Sahara, Afrika. Untuk pertama kalinya, hujan salju terjadi di kota Ain Sefra, Aljazair, pada 19 Desember 2016.

Seperti dilaporkan situs NPR, Jumat (23/12/2016), anomali alam ini cukup mengejutkan dan menyebar luas di dunia maya, karena gurun ini biasanya panas terik dan sangat kering.

Peristiwa derasnya hujan salju yang terjadi, pada 19 Desember 2016, itu diabadikan fotografer amatir Karim Bouchetata.

“Semua orang terpukau melihat hujan salju di gurun, itu peristiwa yang langka,” kata Bouchetata seperti dikutip Telegraph.

Hujan salju ini merupakan pertama kalinya di wilayah tersebut dalam 37 tahun. Konon serpihan hujan salju dilaporkan pernah terjadi ketika badai salju singkat melanda kota pada Februari 1979.

Padang Sahara di Ain Sefra adalah salah satu dari beberapa kota yang dijuluki "gerbang di Padang Gurun". Kota Ain Sefra terletak 1.078 meter di atas permukaan laut dan dikelilingi oleh Pegunungan Atlas.

Sahara adalah padang gurun panas terbesar di dunia, dan memiliki luas lebih dari 9 juta kilometer persegi yang meliputi sebagian wilayah dari Afrika Utara.

Sahara juga sebagai salah satu tempat paling kering di planet ini, dan merupakan salah satu dari wilayah terpanas dengan suhu udara mencapai lebih dari 50 Celcius. (ist)