Jumat, 23 Desember 2016 07:10 WIB

AS Janji Kembalikan Lahan ke Jepang

Editor : Eggi Paksha
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Amerika Serikat (AS) dilaporkan akan mengembalikan lahan yang mereka kontrol di kawasan Okinawa, kepada pemerintah Jepang.

AS sudah puluhan tahun mengontrol lahan yang mereka jadikan basis militer tersebut. Melansir Sputnik pada Kamis (22/12), AS dilaporkan akan secara resmi menyerahkan lahan tersebut kepada pemerintah Jepang pada hari ini. Luas tanah yang akan dikembalikan mencapai 10 hektar.

Pasukan AS yang ditempatkan di Jepang kemarin memang telah menyatakan pihaknya siap untuk menyerahkan lahan tersebut kepada pemerintah Jepang. Keputusan ini merupakan tindak lanjut dari pernyataan Menteri Pertahanan AS, Ashton Carter pada awal tahun.

Tanah di Okinawa sendiri sudah dikuasai AS sejak perang dunia II. Pengembalian tanah ini diduga kuat karena adanya aksi demonstrasi besar-besaran tahun yang menolak perluasan pangkalan AS di sana.

Pemerintah Jepang sebelumnya menyatakan akan memindahkan pangkalan militer AS tersebut. Namun, Tokyo sejauh ini belum memberikan rincian mengenai lokasi baru pangkalan militer AS itu.(exe/ist)
0 Komentar