Kamis, 22 Desember 2016 08:30 WIB

Kapal Selam Nuklir Korut Siap Berlayar

Editor : Eggi Paksha
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Sebuah gambar citra satelit terbaru memicu kekhawatiran jika Korea Utara (Korut) bersiap melepas kapal selamnya untuk melakukan pelayaran.

Gambar citra satelit itu diambil dari galangan kapal Sinpo South Shipyard. Jaring kamuflase yang sebelumnya terpasang untuk menyembunyikan proyek kapal selam Pyongyang telah dilepas.

Sebaliknya, sejumlah peralatan dan perlengkapan di samping kapal menunjukkan jika kapal tersebut siap untuk berlayar seperti dikutip dari Daily Mail, Rabu (21/12/2016).

"Kedua faktor itu menunjukkan kapal tersebut baru-baru ini dilepas ke laut atau sedang mempersiapkan untuk berlayar dalam waktu dekat," kata ahli Joseph Bermudez dari situs 38North, situs yang memantau aktivitas di Korut.

Ia juga mengatakan bahwa meskipun niat negara tertutup itu tidak jelas, gambar menunjukkan bahwa Korut mampu mengerahkan rudal lebih besar dari rudal balistik KN-11. KN-11 adalah kapal selam yang diuji pada bulan Agustus lalu.

"Jika program pembuatan kapal telah dimulai, satu kemungkinan adalah bahwa Korut telah memulai pembangunan kapal selam baru untuk membawa rudal balistik. Tapi tidak bukti yang jelas yang menunjukkan hal itu terjadi," kata Bermudez.

Diyakini bahwa sistem kapal selam nuklir Korut terinspirasi oleh kapal selam kelas Golf yang digunakan oleh Uni Soviet sebelum bubar.

Gambar ini muncul setelah pemerintah Korea Selatan memperingatkan bahwa jarak hulu ledak Korut bisa mencapai Eropa dan Amerika Serikat (AS).

Minggu lalu, Direktur Jenderal Biro Urusan Nuklir Korea Utara Selatan, Lee Sang-haw, mengatakan Eropa berada dalam jangkauan Korea Utara.

Dia memperingatkan rudal KN-08 Korut, yang masih sedang dikembangkan, bisa memiliki jarak tembak 12,000 km dan membuat seluruh Eropa target potensial.(exe/ist)
0 Komentar