Selasa, 20 Desember 2016 16:21 WIB

Warga Kabupaten Tangerang Penderita Katarak Terbanyak di Banten

Editor : Danang Fajar
Laporan: Hendrik Simorangkir

TANGERANG, Tigapilarnews.com - Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami) Provinsi Banten, mencatat sekitar 60 persen penderita katarak terdapat di wilayah Kabupaten Tangerang.

"Penderita katarak paling tinggi di Banten ada di wilayah Kabupaten Tangerang. Data itu kami dapatkan dari data skala nasional yang ada di Perdami pusat," ujar Ketua Perdami Banten, dr Fadjar Soebali, Selasa (20/12/2016).

Lanjutnya, kawasan Kabupaten Tangerang yang memiliki persentase tertinggi penderita katarak adalah wilayah yang cenderung tandus seperti Balaraja, Pasar Kemis, dan Cikupa.

"Beberapa waktu lalu kita adakan operasi katarak gratis yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan Wilayah Banten dan RSUD Balaraja. Alasan kita memilih Banten, karena survei yang dilakukan Perdami dan Dinas Kesehatan, Balaraja, banyak terdapat penderita katarak," jelasnya.

Fadjar menambahkan, penderita katarak saat ini lebih banyak pada usia produktif.

"Saat ini banyak penderita katarak di usia produktif, maka dari itu mekanisme operasi katarak saat ini tidak seperti yang sudah-sudah. Waktu itu, apabila bagian tengah mata (Pupil) sudah memutih, baru kita lakukan operasi. Namun kini, apabila penglihatan sudah terganggu pihak medis akan segera dilakukan pengobatan dengan operasi," pungkasnya.

Sebagai informasi, masyarakat mampu mencegah katarak dengan menghindari kontak langsung dengan sinar matahari, dan lebih sering konsumsi sayuran yang mengandung vitamin A.
0 Komentar