Minggu, 18 Desember 2016 17:57 WIB

Wiranto Sebut Pungli Sudah Jadi Budaya

Editor : Eggi Paksha
Laporan: Ryan Suryadi

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Kemanan (Menkopolhukan), Wiranto, selaku penanggungjawab Satgas Saber Pungli menghadiri acara kampanye antibudaya pungli di lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat.

"Kita bersyukur setelah sekian lama, kita akhirnya melakukan sosialisasi budaya sapu bersih pungli ini," kata Wiranto di Silang Monas, Jakarta Pusat, Minggu (18/12/2016).

Lebih lanjut, Wiranto menjelaskan satgas ini dibentuk sebagai tekad dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk melaksanakan program revolusi mental.

"Salah satunya adalah reformasi di bidang hukum yang mengutamakan pelayanan publik. Banyak hal menyangkut pelayanan publik ini yang tidak sehat salah satunya pungli yang dilakukan oknum," jelasnya.

Sejak dikukuhkan presiden pada 28 Oktober 2016, menurut Wiranto antusias masyarakat untuk melapor cukup tinggi kepada satgas.

"Kita terima 17.600 laporan itu banyak dalam waktu kurang lebih satu bulan. Artinya masyarakat ingin hidup lebih baik. Satgas pun menindaklanjuti dengan melaksanakan aksi," katanya.

Tidak dapat dipungkiri, lanjut Wiranto pungli sudah menjadi budaya di Indonesia. Artinya, menghalalkan yang sebetulnya tidak halal. Karena itu, satgas akan bekerja sungguh-sungguh untuk menghilangkan budaya tersebut.

"Ada informasi dari masyarakat dan merasakan saber pungli akan anget-anget tai ayam, saya katakan tidak. Sebelum pungli bersih di Indonesia kita tidak akan berhenti. Kegiatan ini akan terus berlangsung sampai pungli bersih di negeri ini," tambah Wiranto.(exe/ist)