Selasa, 13 Desember 2016 15:10 WIB

Raja Baru Thailand Ampuni 30 Ribu Tahanan

Editor : RB Siregar
BANGKOK, Tigapilarnews.com - Raja baru Thailand, Maha Vajiralongkorn, beri pengampunan puluhan ribu tahanan di Negara Gajah Putih tersebut.

Vajiralongkorn melakukan itu hanya beberapa hari setelah dilantik menjadi raja ke-10 Dinasti Chakri Thailand, 1 Desember lalu, menggantikan mendiang ayahnya, Bhumibol Adulyadej yang wafat, Oktober 2016.

Istana Kerajaan menjelaskan, pengampunan terpidana ini merupakan tanda belas kasih raja kepada rakyatnya.

Melansir AFP, pengampunan bagi tahanan sudah menjadi tradisi tahunan yang diselenggarakan Bhumibol. Sejumlah narapidana yang memiliki penyakit serius, disabilitas, dan telah menjalani sepertiga masa tahanan, masuk dalam kriteria pengampunan.

Tak dijelaskan total tahanan yang diampuni, tetapi Bangkok Post mengutip Kepala Departemen Pemasyarakatan Thailand, Kobkait Kasiwat, yang menyebut sekitar 30 ribu tahanan memenuhi syarat untuk dibebaskan.

Sedangkan mereka yang belum memiliki kriteria pengampunan, tentu mendapat pengurangan masa tahanan. Menurut keterangan, ada 70 ribu tahanan.

Status monarki yang didukung dalam ritual, propaganda, bahkan konstitusi Thailand, memiliki pengaruh besar dalam kepemerintahan.

Bahkan, di sekolah-sekolah murid diajarkan menghormati kerajaan. Foto anggota keluarga kerajaan, khususnya raja, menjadi pemandangan sehari-hari hampir di setiap jalanan utama Thailand, khususnya Bangkok maupun kota besar lainnya.
0 Komentar