Jumat, 09 Desember 2016 18:27 WIB

Penegakan HAM di Era Jokowi Stagnan

Editor : Rajaman
Laporan: Bili Achmad

JAKARTA,Tigapilarnews.com - Wakil Ketua Badan Pengurus Setara Institue, Bonar Tigor Naipospos menilai penegakan Hak Asasi Manusia (HAM) di era pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) jalan di tempat.

Padahal, keterpilihan Jokowi sebagai presiden yang membawa nawacita penegakan HAM menjadi angin segar kepada masyarakat. Namun cita-cita tersebut justru hingga saat ini dinilai meleset.

"Cita-cita HAM pemerintahan Jokowi meleset, eksekusi mati terhadap sejumlah narapidana dilakukan, Kemudian janji-janji penyelesaian pelanggaran HAM masa lalu, langkahnya sangat minimal dan lambat, mungkin juga bisa dikatakan stagnan," tegas Bonar di kantor PARA Syndicate, Jalan Wijaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (9/12/2016).

Selain itu, Bonar menambahkan, paham-paham yang mengarah pada pelanggaran HAM juga lambat ditangani oleh pemerintah bahkan terkesan membiarkan.

"Negara belum menjalankan fungsinya, intoleransi, radikalisme, ekstremisme dalam tingkat tertentu semakin menguat, negara seharusnya meng-counter ini, namun upaya ini minim," tambahnya.

"Padahal jika dibiarkan, ini akan mengancam kebhinekaan, dan akan terus menghantui negara kita kedepan," tandasnya.
0 Komentar