Rabu, 07 Desember 2016 08:40 WIB

Rossi Waspadai Ancaman dari Marquez dan Lorenzo

Editor : Eggi Paksha
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Valentino Rossi harus puas dengan status runner up MotoGP 2016.

Pembalap Movistar Yamaha tersebut hanya mengumpulkan 249 poin, selisih 49 angka dari Marc Marquez yang akhiri musim dengan gelar juara dunia.

Seperti dikutip dari Motorsport, Rossi mengakui bahwa musim lalu dirinya cukup beruntung. Sebab dengan banyaknya kesalahan, ia masih bisa menyandang gelar runner up mengalahkan saingan terberatnya, Jorge Lorenzo dan Maverick Vinales.

"Musim lalu tentu saja berjalan baik. Saya mampu finis di posisi dua kejuaraan. Menurut saya, hal itu positif sebab saya mampu tampil kompetitif dan melaju cukup cepat," ucap Rossi.

"Saya beruntung, meski melakukan beberapa kesalahan tapi musim lalu berakhir dengan hasil yang positif," tegas pembalap berjuluk The Doctor tersebut.

Pada musim balap 2016, Rossi empat kali gagal menyentuh garis finis. Yang pertama terjadi di GP Amerika Serikat 10 April 2016 lalu. Ketika itu Rossi mengalami kecelakaan, padahal balapan baru berjalan dua putaran.

Kegagalan kedua terjadi di Sirkuit Mugello, Italia, 22 Mei 2016 lalu. Saat balapan, motor Yamaha YZR-M1 yang dikendarai Rossi mengalami kerusakan mesin. Akhirnya Rossi tersisih dari lomba di lap kedelapan.

Nasib buruk juga dialami sang pembalap pada GP Belanda 26 Juni 2016 dan GP Jepang, 16 Oktober 2016. Dalam dua kesempatan, rider 37 tahun ini tersungkur mencium aspal.

Berkaca dari penampilannya tersebut, Rossi beserta Yamaha langsung melakukan evaluasi. Mereka sudah menjajal kemampuan motor baru dan sesi test drive tersebut dilakukan di Sirkuit Sepang, Malaysia, akhir November lalu.

"Situasinya kini sudah jelas. Kami sudah mencoba bekerja dengan motor baru dan tampaknya, Yamaha memiliki potensi yang lebih baik dari 2016," ungkapnya.

Ia yakin bisa ikut bersaing memperebutkan gelar juara pada 2017 mendatang. Namun di sisi lain, Rossi terus mewaspadai ancaman dari empat joki lainnya.

"Menurut pendapat saya, pembalap paling favorit yang bisa memenangkan gelar juara dunia MotoGP 2017 adalah Marc Marquez, Jorge Lorenzo, saya dan juga Maverick Vinales. Kita lihat saja musim depan berjalan seperti apa," tegas Rossi.(exe/ist)
0 Komentar