Sabtu, 26 November 2016 10:52 WIB

Serbu ISIS di Mosul, Irak Siapkan Pasukan Khusus

Editor : Eggi Paksha
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Irak sedang menyiapkan pasukan khusus yang bertugas menyerbu Tal Afar, sebuah benteng ISIS di barat Mosul.

Langkah ini untuk menghindari aksi balas dendam terhadap penduduk kota dari kelompok Sunni. Serangan terhadap Tal Afar sejauh ini dilakukan oleh Populer Mobilisasi, koalisi yang terdiri dari paramiliter Syiah Iran yang terlatih. Hal ini dikhawatirkan akan memicu pembunuhan sektarian.

"Tentara dan polisi berencana untuk menyerbu Tal Afar yang mencakup Sunni dan Syiah, Turkmen, mencerminkan campuran utama penduduk kota," kata Hisham al-Hashimi, seorang analis yang berbasis di Baghdad yang memberikan saran kepada pemerintah terkait permasalahan ISIS seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (26/11/2016).

"Pasukan berkekuatan 3.500 personil yang dibentuk untuk menggempur Tal Afar akan beroperasi dari sebuah pangkalan udara di selatan kota," kata Hashimi. Ia juga mengatakan Populer Mobilisasi, atau Hashid Shaabi, akan ditempatkan di luar kota untuk membangun blokade.

Komunitas Syiah Tal Afar telah melarikan diri setelah ISIS menyapu wilayaj tersebut dua tahun lalu. Di Mosul jugalah ISIS memproklamirkan berdirinya "khilafah" yang bagiannya juga membentang dari Suriah.

Pemerintah Irak menyimpan kekhawatiran munculnya pembunuhan sektarian di Tal Afar setelah Turki mengancam untuk campur tangan, merujuk pada hubungan bersejarah etnis Turkmen Irak.(exe/ist)
0 Komentar