Jumat, 28 Oktober 2016 08:50 WIB

Simpatisan ISIS Rebut Kota di Somalia

Editor : Eggi Paksha
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Kelompok militan simpatisan ISIS berhasil merebut kota pelabuhan kecil Qandala di wilayah semi otonom Puntland, Somalia.

Menurut pejabat setempat, kota Qandala menjadi kota pertama yang dikuasai kelompok simpatisan ISIS yang muncul pada tahun lalu.

"Tentara kami sangat sedikit sehingga tidak bisa melawan lagi," kata Komisaris Distrik Jamac, Mohamed Khuurshe. Sedangkan pasukan perdamaian Afrika, AMISOM, tidak ada yang dikerahkan ke Puntland, yang terletak di ujung timur Tanduk Afrika.

Kuurshe juga mengatakan bahwa tentara dan sejumlah warga melarikan diri. Kelompok militan juga memutus jalur komunikasi seperti dikutip dari Reuters, Kamis (27/10/2016).

Seorang perwira polisi Puntland, Mayor Saiid Ali mengatakan kelompok itu sebelumnya telah masuk dua desa kecil sebelum kembali ke tempat persembunyian di bukit Puntland, tapi belum pernah merebut kota.

Kelompok militan Islam Puntland pertama kali mengumumkan menjadi bagian dari ISIS tahun lalu dalam sebuah pernyataan yang diunggah ke Youtube.

Kelompok ini dipimpin oleh Abdiqadir Mumin, mantan komandan Al-Shbaab, sebuah tanda bahwa beberapa pejuang Al-Shabaab melihat kekuatan al-Qaeda telah habis dan terinspirasi kampanye ISIS.

Militan simpatisan ISIS ini telah mengumupulkan para pengikutnya di Puntland. Namun, para ahli mengatakan skala kekuatan kelompok itu tidak helas dan itu akan tetap menjadi kekuatan kecil dibandingkan Al-Shabaab.(exe/ist)
0 Komentar