Sabtu, 22 Oktober 2016 14:41 WIB

Kopi Tak Sebabkan Serangan Jantung, Ini 11 Manfaat Lain Jika Meminumnya

Editor : Nurintan Irma
KOPI merupakan minuman hasil seduhan biji kopi yang telah disangrai lalu digiling menjadi bubuk halus. Sejumlah studi memperlihatkan, peminum kopi lebih sulit terkena penyakit serius.

Kopi sarat dengan kandungan antioksidan maupun nutrisi untuk membantu meningkatkan kesehatan. Namun, meminum kopi secara berlebihan juga bisa menganggu kesehatan, khususnya pencernaan.

Karena itu, disarankan hanya meminum kopi maksimal 3 gelas sehari. Misalnya, pagi sebelum beraktivitas, siang hari serta sore hari untuk menghilangkan kepenatan sehabis bekarja.

Tak hanya untuk kesehatan, kopi juga bermanfaat untuk mempertahankan kecantikan. Berikut 12 manfaat meminum kopi sesuai hasil studi terhadap manusia.

1. Kopi Mampu Tingkatkan Energi dan Kecerdasan

Kopi yang mengandung kafein akan merangsang sirkuliasi oksigen dalam darah sehingga vitalitas menjadi bertambah. Oksigen yang cukup ke otak, juga membuat Anda lebih fokus.

2. Kopi Membantu Membakar Lemak

Hampir semua suplemen yang dijual untuk membakar lemak mengandung kafein. Beberapa studi menunjukkan, kafein dapat meningkatkan metabolisme tubuh sekitar 3-11%.

3. Kafaein Dalam Kopi Bisa Tingkatkan Kinerja Fisik

Kafein dalam kopi mampu merangsang sistem saraf serta meningkatkan adrenalin yang merangsang kita untuk siap beraktivitas fisik.

4. Nutrisi Kopi

Tak hanya sekadar hitam, kopi juga mengandung nutrisi, antara lain, Riboflavin (B2), Asam Pantotenat (B5), Mangan dan kalium, Magnesium dan Niacin (B3).

5. Mampu Menurunkan Risiko Diabetes Tipe II

Lebih dari 300 juta orang di dunia menderita diabetes tipe 2. Penyakit ini ditandai gula dalam tidak mensekresi insulit. Kopi mampu menurunkan risiko penyakit ini.

6. Melindungi dari Serangan Alzheimer dan Demensia

Alzheimer merupakan penyakit neurodegeneratif dan penyebab utama Demensia. Biasanya penyakit ini mempengaruhi orang berusia di atas 65 tahun. Beberapa studi menunjukkan, peminum kopi memiliki risiko terkena serangan alzheimer.

7. Menurunkan Risiko Parkinson

Setelah alzheimer, penyakit parkinson merupakan penyakit neurodegeneratif. Belum ada penyakit yang bisa menyembuhkan ini, tapi studi menunjukkan orang peminum kopi mampu menurunkan risiko sekitar 32-60 persen.

8. Kopi Melindungi Hati

Hati memiliki kinerja yang mengagumkan karena mampu melakukan ratusan fungsi hati dalam tubuh. Tapi, ternyata kopi mampu melindungi dari sirosis. Peminum kopi memiliki risiko lebih rendah terkena sirosis.

9. Melawan Depresi dan Lebih Bahagia

Depresi merupakan gangguan mental serius. Akibatnya, kualitas hidup berkurang secara signifikan. Tapi, studi di Amerika Serikat, 53 persen peminum kopi lebih kecil kemungkinan melakukan tindakan ekstrim, bununuh diri misalnya.

10. Melindungi Risiko dari Kanker

Kanker ditandai pertumbuhan yang tak terkontrol dari sel dalam tubuh. Tapi, kopi mampu melindungi dua jenis kanker, yaitu hati dan kolorektal (usus besar).

11. Kopi Tak Sebabkan Penyakit Jantung

Stigma buruk yang terbangun bahwa kopi menyebabkan serangan jantung, itu tidak benar. Tetapi, kopi mampu menurunkan risiko serangan stroke. Tapi harus diakui, kopi bisa meningkatkan tekanan darah namun akan berkurang seiring waktu.

12. Kopi Sumber Antioksidan

Kopi mengandung antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas penyebab penyakit degeratif. Dan hal lainnya, kopi bermanfaat untuk kencantikan kulit.(berbagai sumber/i)

0 Komentar