Rabu, 19 Oktober 2016 06:35 WIB

Ketum KONI Doakan Prestasi Bulu Tangkis Meningkatkan

Editor : Eggi Paksha
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Tono Suratman, menyebut jika menjadi Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) merupakan magnet bagi tokoh nasional terlibat langsung.

Terbukti, banyak yang berminat memimpin induk organisasi bulu tangkis Indonesia itu. "Semakin banyak semakin baik. Saya melihat banyak tokoh nasional yang berminat memimpin PBSI. Ini menunjukkan jika PBSI sangat diminati," kata Tono Suratman di sela ziarah di Taman Makam Pahlawan Bahagia, Tangerang Selatan, Selasa (18/10/2016), dalam rangka peringatan HUT KONI ke-78.

Tokoh nasional yang sudah memastikan diri maju dalam bursa pencalonan adalah Gita Wirjawan. Sebenarnya mantan Menteri Perdagangan ini sudah memimpin PP PBSI sejak empat tahun lalu.

Namun, pria yang juga seorang pengusaha nasional ini akan kembali bertarung untuk mengisi posisi puncak induk organisasi bulu tangkis Indonesia periode 2016-2020.

Gita Wirjawan mengklaim telah mendapatkan dukungan dari 18 pengurus provinsi. Hal tersebut tertuang dalam berkas dukungan yang diserahkan ke panitia pencalonan di Cipayung Jakarta Timur, Senin (17/10).

Pengurus provinsi PBSI yang mendukung Gita Wirjawan di antaranya adalah Pengprov Daerah Istimewa Yogyakarta, Aceh, Kalimantan Tengah, Sulawesi Selatan, Pengprov Gorontalo, Sumatera Utara, Bangka Belitung, Bengkulu dan Nusa Tenggara Timur.

Selain Gita Wirjawan, tokoh nasional yang berminat untuk memimpin cabang olahraga yang menjadi tulang punggung Indonesia pada kejuaraan internasional itu adalah Wiranto.

Pria yang saat ini menjabat Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) ini juga berniat maju dalam Musyawarah Nasional PBSI, di Surabaya 30 Oktober-1 November.

Wiranto mengklaim telah mendapatkan dukungan dari 22 pengprov PBSI di antaranya adalah DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Barat, Bali, Banten, Sumatera Barat, Nusa Tenggara Barat, Papua, Papua Barat, Lampung, Riau, Kepulauan Riau, Sulawesi Tenggara, Jawa Tengah dan Aceh.

"Mudah-mudahan bisa mendapatkan calon terbaik. Harapan saya, PBSI bisa memiliki figur yang sesuai dengan keinginan kita semua. Yang terpenting bisa membanggakan dan mampu meningkatkan prestasi atlet Indonesia," kata Tono Suratman menegaskan.

Selain nama Gita Wirjawan dan Wiranto, kabar yang tersiar di lapangan juga ada nama Menteri Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Menakertrans), Hanif Dhakiri, dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Bambang Brodjonegoro.(exe/ist)