Sabtu, 15 Oktober 2016 20:29 WIB

SBY Dinobatkan Sebagai Bapak Museum Indonesia

Editor : Danang Fajar
Laporan: Muchammad Syahputra

JAKARTA,Tigapilarnews.comĀ - Mantan Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono dinobatkan sebagai Bapak Permuseuman Indonesia.

Penobatan tersebut dilakukan saat SBY menghadiri acara 5 tahun museum award, di Anjungan Kalimantan Barat, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Cipayung, Jakarta Timur.

"Saya sangat berterimakasih atas perwujudan yang diberikan kepada saya, dan saya juga mengucapakan selamat kepada semua yang mendapatkan penghargaan," ujarnya, saat memberikan kata sambutan, di acara 5 tahun museum award, di TMII, Jakarta Timur, Sabtu (15/10/2016).

Dirinya sedikit menceritakan bahwa sejak dulu sudah sangat mencintai museum bersama dengan sang istri, ibu Ani Yudhoyono, mulai dari budaya beserta peninggalan warisannya yang ada di negara Indonesia.

"Ibu Ani dan saya sangat mencintai museum, kami berdua sangat mencintai kebudayaan, maupun yang ada di dalam dan di luar negeri, terutama yang ada di dalam negri, seperti melihat cermin saat melihat museum, itu sebenarnya menghubungkan masa lalu, kini dan masa depan," katanya.

Menurutnya, museum adalah bentuk penggambaran budaya di masa lalu yang ditampilkan dengan mengajak orang dimasa kini agar lebih bisa melihat sebuah rekam jejak sebagai bagian gerak maju bangsa serta peradaban.

"Hanya peradaban tinggilah, yang tingkat perkapitanya tinggi, yang pandai merawat museum, saya rasa nggak perlu seperti itu, kita tidak perlu menunggu. Atau sampai menunggu 15 tahun, itu tidak harus, mulai sekarang pun mari kita lakukan dengan tidak hanya mencintai, dan memberikan apresiasi, tapi kita harus menampilkan museum sebagai bentuk kecintaan," lanjutnya.

Selain itu, dirinya juga optimis bahwa kedepannya negara Indonesia akan lebih mengembangkan bentuk kecintaan untuk merawat museum."Untuk terus mencintai bangsanya, kita sebagai masyarakat harus lebih beradab dalam menjaga, dan akhirnya museum dapat dicintai rakyatnya sendiri," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Umum Asosiasi Museum Indonesia, menyampaikan bahwa pemberian penobatan Susilo Bambang Yudhoyono sebagai Bapak Museum Indonesia, dilakukan karena kontribusi serta dedikasinya terhadap museum selama dirinya menjabat menjadi presiden.

"Bapak Susilo Bambang Yudhoyono, itu kita berikan penobatan dari asosiasi pencinta museum Indonesia, atas dedikasi serta kontribusi, saat dirinya memerintah, dan pada saat itu juga ada gerakan nasional mencintai museum, maka dari itu, beliau di nobatkan menjadi bapak museum," pungkasnya, di TMII, Jakarta Timur.
0 Komentar