Jumat, 14 Oktober 2016 07:07 WIB

Jokowi Anggap Kesederhanaan Raja Thailand Patut Diteladani

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan belasungkawa atas wafatnya Raja Thailand, Bhumibol Adulyadej.

Ucapan bela sungkawa disampaikan Jokowi sekaligus mewakili seluruh rakyat Indonesia. ‎"Dunia kehilangan seorang pemimpin yang dekat dengan rakyatnya, pembawa kedamaian persatuan, dan kesejahteraan bagi rakyat thailand," ujar Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Kamis (13/10/2016).

Menurut Jokowi, dunia kehilangan sosok Bhumibol yang dianggap sebagai Raja sekaligus kepala pemerintahan yang dekat dengan rakyatnya. ‎"Kesederhaan raja Bhumibol dan perhatiannya terhadap rakyat patut kita teladani," tutur Jokowi.

Raja Bhumibol wafat di usia 88 tahun pada Kamis sore, setelah sebelumnya menjalani perawatan di Rumah Sakit Siriraj, Bangkok, sejak awal pekan ini. Ia tercatat sebagai salah satu raja yang paling lama berkuasa di era modern.

"Yang Mulia telah meninggal di Rumah Sakit Siriraj dengan damai," kata pihak Istana Thailand dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Reuters.

Anaknya, yang juga merupakanan ahli waris, yang saat ini berusia 63 tahun Putra Mahkota Maha Vajiralongkorn, diharapkan untuk menjadi raja baru Thailand.

Raja Bhumibol terakhir kali muncul di hadapan publik pada 11 Januari silam. Saat itu ia menghabiskan beberapa jam untuk mengunjungi istananya di kota Bangkok. Isu soal memburuknya kondisi kesehatan sang raja sudah berhembus sejak beberapa waktu lalu.(exe/ist)
0 Komentar