Sabtu, 08 Oktober 2016 08:10 WIB

Presiden Kolombia Raih Hadiah Nobel Perdamaian 2016

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Presiden Kolombia, Juan Manuel Santos, berhasil meraih Hadiah Nobel Perdamaian 2016.

Santos berhasil menyingkirkan sekitar 376 nominator lain yang bersaing untuk mendapatkan penghargaan prestise tersebut. Seperti dikutip dari Al Jazeera, Jumat (7/10/2016), lima anggota komite Nobel Norwegia mengumumkan keputusannya pada hari ini dan menjadi satu-satunya dari enam penghargaan Nobel yang dibawakan di Oslo dan menjadi perhatian terbesar.

Dari 376 nominator, 228 adalah individu dan 148 adalah organisasi. Jumlah nominator ini memecahkan rekor pada tahun 2014 yang mencapai 278 nominator.

Santos mengalahkan sejumlah nama beken dari nominasi individu macam Paus Francis, Kanselir Jerman Angela Merkel, Edward Snowden dan negosiator kesepakatan nuklir Iran. Sedangkan di bagian kelompok, Santos menyingkirkan kelompok White Helm Suriah.

Santos bergabung dengan daftar 129 peraih Nobel Perdamaian termasuk Presiden AS Theodore Roosevelt; Komite Internasional Palang Merah yang meraihnya sebanyak tiga kali; Martin Luther King Jr; Presiden Afrika Selatan Nelson Mandela dan aktivis Yaman, Tawakkul Karman.(exe/ist)
0 Komentar