Rabu, 05 Oktober 2016 08:30 WIB

Rusia Kerahkan Rudal S-300 ke Suriah

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Kementerian Pertahanan Rusia pada hari Selasa mengkonfirmasi bahwa Moskow resmi mengerahkan sistem rudal pertahanan S-300 ke Suriah.

Tujuannya, untuk melindungi pangkalan Angkatan Laut beserta kapal-kapal perang Rusia di Suriah. Konfirmasi itu disampaikan langsung bicara Kementerian Pertahanan Rusia, Igor Konashenkov. ”Memang, Republik Arab Suriah menerima sistem rudal anti-pesawat S-300,” katanya.

”Sistem rudal ini dirancang untuk menjamin keamanan pangkalan Angkatan Laut di (kota) Tartus dan kapal (perang Rusia) yang terletak di daerah pesisir (di Suriah),” ujar Konshenkov.

Dia heran mengapa penyebaran sistem rudal pertahanan S-300 Rusia ke Suriah diributkan negara-negara Barat.”S-300 adalah sistem murni defensif dan tidak menimbulkan ancaman,” katanya, seperti dikutip dari Russia Today, Rabu (5/10/2016).

Menurutnya, sebelum penyebaran S-300, Rusia telah mengirim sistem rudal pertahanan udara Fort ke Suriah.

Konfirmasi dari Konashenkov muncul beberapa saat setelah Fox News melaporkan bahwa Rusia telah mengerahkan S-300 ke Suriah. Media itu mengutip tiga pejabat AS yang mengklaim bahwa Moskow terus untuk meningkatkan operasi militernya di Suriah.

Pada bulan November 2015, Moskow mengerahkan sistem rudal pertahanan terbarunya S-400 ke pangkalan militer Khmeimim di Suriah. Langkah itu diambil setelah pesawat jet pengebom Rusia ditembak jatuh pesawat jet tempur Turki di perbatasan Suriah-Turki.

Pada saat itu, Presiden Rusia, Vladimir Putin mengatakan bahwa sistem rudal S-400 tidak menargetkan mitra Rusia dan membantu melawan teroris di Suriah. Sistem rudal S-400 merupakan adalah sistem rudal pertahanan anti-pesawat paling canggih di Rusia untuk saat ini.(exe/ist)
0 Komentar