Kamis, 29 September 2016 08:00 WIB

Hubungan Cair, AS Tunjuk Dubes untuk Kuba

Editor : Eggi Paksha
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Presiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama, menunjuk Jeffrey DeLaurentis menjadi Duta Besar AS untuk Kuba.

DeLaurentis adalah Dubes pertama AS di Kuba dalam kurun waktu 50 tahun terakhir. "Penunjukan seorang Duta Besar adalah langkah maju menuju hubungan yang lebih normal dan produktif antara kedua negara kita," kata Obama dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Al Jazeera, Rabu (28/09/2016).

"Memiliki seorang Dubes akan membuat lebih mudah untuk mengadvokasi kepentingan kita dan akan memperdalam pemahaman kita. Bahkan, ketika kita tahu bahwa kita akan terus memiliki perbedaan dengan pemerintah Kuba," sambungnya.

Obama dan Presiden Kuba, Raul Castro mengumumkan mencairnya hubungan pada bulan Desember 2014. Hubungan diplomatik antara kedua negara resmi pulih pada bulan Juli 2015 kemarin, yang ditandai dengan pembukaan keduataan di kedua negara.

Sejak itu, Washington dan Havana telah mengambil langkah-langkah untuk memperbaiki hubungan, setelah lebih dari setengah abad terlibat permusuhan.

DeLaurentis sendiri sejatinya tidak asing dengan negara-negara Amerika Latin. Saat ini dia menjabat sebagai Kuasa Usaha di Kedubes AS di Havana, dan sebelumnya dia ditempatkan di Bogota, Kolombia.

Tapi pencalonan DeLaurentis, yang memerlukan konfirmasi Senat, kemungkinan menghadapi tentangan keras di Kongres, di mana anggota parlemen Kuba-Amerika telah berusaha untuk menggalang dukungan lokal dengan menentang kebijakan Obama.(exe/ist)
0 Komentar