Kamis, 22 September 2016 08:50 WIB

Kim Jong-un Awasi Tes Mesin Roket di Sohae

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Media pemerintah Korea Utara (Korut), KCNA, mengatakan rezim Pyongyang telah melakukan uji coba darat mesin roket baru untuk meluncurkan satelit.

KCNA mengklaim uji coba itu berjalan dengan sukses. KCNA melaporkan pemimpin Korut, Kim Jong-un, meminta para ilmuwan dan insinyur untuk membuat persiapan guna peluncuran satelit sesegera mungkin. Ini merupakan perkembangan terbaru dalam serangkaian tes yang berhubungan dengan rudal pada tahun ini.

"Kim Jong-un mengawasi tes di Sohae, situs peluncuran satelit milik negara," bunyi laporan KCNA.

Situs Sohae adalah lokasi dimana Korut meluncurkan roket yang dilaporkan membawa satelit pada bulan Februari lalu seperti dikutip dari BBC, Rabu (21/09/2016).

"Uji coba mesin roket ini akan memberikan negara kemampuan untuk meluncurkan berbagai jenis satelit, termasuk satelit obeservasi bumi tingkat dunia," lanjut bunyi laporan tersebut.

KCNA juga menyatakan bahwa Jong-un juga menyerukan peluncuran roket untuk mengubah negara itu menjadi negara pemilik satelit geostasioner dalam beberapa tahun mendatang. Hal ini dilihat oleh para pengamat sebagai indikasi bahwa Pyongyang mungkin akan segera meluncurkan roket jarah jauh lain.

Korut menegaskan jika program ruang angkasanya adalah murni untuk kepentingan ilmu pengetahuan. Namun Amerika Serikat (AS), Korea Selatan (Korsel) dan bahkan China mengatakan peluncuran roket tersebut bertujuan untuk mengembangkan rudal balistik antar benua.

Dewan Keamanan PBB sendiri telah menelurkan resolusi yang melarang setiap negara untuk melakukan uji coba rudal nuklir atau balistik.(exe/ist)
0 Komentar