Kamis, 01 September 2016 22:09 WIB

Final LP-U16 Digelar Bersamaan Haornas ke-33 di Sidoarjo

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Liga Pelajar U-16 (LP-U16) memasuki seri nasional yang akan dilaksanakan 3-9 September di Jakarta, Banten, Surabaya dan Sidoarjo.


Sebelumnya, Juli dan Agustus yang lalu, sudah dilaksanakan kompetisi seri Regional di tingkat kabupaten/kota. Hal itu disampaikan Kepala Bidang Olahraga Pendidikan Dasar M. Jaenal bersama Muhammad Kusnaeni melakukan konferensi pers terkait penyelenggaraan babak 32 besar LP-U16 Kamis (01/09/2016) sore.


Dari total 34 provinsi di Indonesia, hanya dua propinsi di Indonesia yang tidak ikut dalam menyelenggarakan turnamen ini yaitu Sulawesi Tengah dan Papua Barat.


Keterbatasan sumber daya manusia dan letak geografis membuat dua propinsi ini sulit menyelenggarakan kompetisi. Jaenal mengatkan, dalam pembinaan olahraga pada cabang olahraga sepak bola, Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga menyelenggarakan kompetisi U12, U14, U16, U18, Liga Mahasiswa, dan Liga Santri.


"Diharapkan dengan dilaksanakannya kompetisi ini akan dapat menyaring potensi-potensi anak-anak bangsa akan tersus berkembang. Karena pembinaan secara dini dengan baik dan terstruktur akan menghasilkan atlet yang berkembang, " ujar Jaenal.


Seri nasional LP-U16 akan diikuti oleh 32 tim dari 32 provinsi Indonesia yang terbagi kedalam 8 group. Babak 32 besar ini akan dipertandingkan pada tanggal 3 s.d 9 September di Jakarta, Banten, Surabaya dan Sidoarjo.


"Ada empat stadion di Jakarta dan Banten yang akan digunakan untuk babak penyisihan grup, yaitu Stadion Soemantri Brojonegoro, Stadion Tugu, Stadion Sunter, dan Lapangan Sekolah Pelita Harapan. Peringkat 1 dan 2 grup akan mengikuti babak 16 besar dengan sistem gugur," lanjutnya.


"Insya allah untuk kick off babak 32 besar ini akan dilaksanakan di Stadion Soematri Brojonegoro, Kuningan- Jakarta, Minggu tanggal 4 September 2016,  " ujarnya.


M. Kusneni pengamat dan komentator sepak bola Indonesia yang merupakan bagian dari pengurus LP-U16 menyampaikan bahwa ini merupakan kali pertamanya dilaksanakan.


Selama ini yang sudah berjalan adala Liga U-14 dan Liga Santri, peserta yang bermain di U-16 sebagain besar adalah peserta yang bertanding di U-16, sehingga kompetisi LP-U16 ini merupakan kelanjutan yang berkesinambungan dari pelaksanaan LP-U14.


"Pada tahun ini kami bekerjasama dengan I-Soccer, lembaga yang akan membantu kami untuk membangun data base pemain sepakbola usia muda. Pemain akan didata secara resmi oleh I-Soccer sehingga jika ada even-even mendatang, data base itu akan dapat dipakai, " ujarnya.


Kusnaeni menerangkan bahwa hasil dari talent scouting pada U-16 ini akan diskorkan, dan akan disampaikan kepada PSSI nama-nama pemain yang dianggap terbaik pada LP-U16, dengan itu diharapkan pemain inilah yang dapat dipantau oleh PSSI dalam rangka menghadapi Piala AFF U-16 kedepan.


"Diharapkan PSSI dapat memanfaatkan data yang sudah kami siapkan ini secara maksimal, sehingga atlit-atlit yang mengikuti kompetisi ini akan dapat memberikan kontribusi kepada tim nasional, " ujarnya.


Untuk penyelenggaraan babak perempat final, semifinal dan perebutan peringkat ketiga akan dilaksanakan di Surabaya. Sedang untuk partai final akan dilaksanakan di Sidoarjo, bersamaan dengan acara pucak peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-33.(exe/ist)

0 Komentar