Senin, 29 Agustus 2016 18:30 WIB

BNPB: Kebakaran Lahan Karena Faktor Kesengajaan

Editor : Rajaman
Laporan: Muchammad Syahputra

JAKARTA,Tigapilarnews.com - Kepala Pusat Data Dan Informasi Bagian Humas BNPB Sutopo mengatakan kebakaran lahan yang terjadi dibeberapa titik di Indonesia ternyata bukan faktor alam melainkan karena dibakar secara sengaja.

"Masih sama karena sengaja dibakar. Karena nantinya lahan yang dibakar itu digunakan untuk diapakai sebagai lahan baru atau dibuat perkebunan," ujarnya, di Kantor BNPB, Senin (29/8/2016).

Menurutnya kebakaran lahan dengan sengaja tersebut bukan hanya prediksi semata, hal tersebut menjadi sebuah fakta karena petugas yang melakukan indentifikasi di wilayah kebakaran menemukan barang bukti.

"Bahwa kebakaran tersebut dilakukan dengan sengaja, petugas beberapa kali menemukan obor sebagai alat untuk membakar lahan," katanya.

Dirinya menambahkan pihaknya mengaku sudah melakukan sosialisasi serta patroli setiap hari untuk mengantisipasi tindakan masyarakat dalam membakar lahan tersebut.

"Meski sosialisasi sudah dilakukan, dan patroli disiagakan hampir setiap hari, tapi masih saja ada yang melakukan pembakaran, maka dari itu kita lakukan ini secara bertahap," tambanhnya.

Dirinya menjelaskan, bahwa pihaknya memprediksi kebakaran lahan tersebut tidak akan meluas."Apalagi Menyebar ke negara tetangga itu semua kan tergantung anginnya. Kita pun tidak bisa memastikan hanya bisa memprediksi sikon," pungkasnya.
0 Komentar