Minggu, 28 Agustus 2016 16:18 WIB

Tiga Penambang Jadi Pelaku Pembunuh Wakil Menteri Bolivia

Editor : Eggi Paksha
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Bolivia secara resmi menetapkan tiga tersangka terkait pembunuhan terhadap Wakil Menteri Dalam Negeri, Rodolfo Illanes.


Salah satu tersangka adalah presiden federasi organisasi pertambangan yang mengorganisir aksi protes dan blokade. Jaksa penuntut umum menuduh tiga penambang menjadi pelaku pembunuhan Illanes, termasuk Carlos Mamani, presiden Federasi Nasional Koperasi Pertambangan Bolivia seperti dikutip dari laman Reuters, Minggu (28/08/2016).

Mamani, yang ditangkap pada hari Jumat, secara resmi dituduh telah melakukan pembunuhan, perampokan, ikut dalam organisasi kriminal, kepemilikan senjata api, dan menyerang anggota keamanan negara. Sidang pembunuhan ini akan digelar akhir pekan ini.

Rodrigo Illanes tewas dipukuli sampai mati setelah sebelumnya diculik pada Kamis lalu. Pembunuhan terhadap Illanes ini telah mengejutkan Bolovia dan menjadi tantangan terbesar bagi Presiden Bolivia, Evo Morales, sejak mengambil kekuasaan pada tahun 2006.

Pekan lalu, sekelompok penambang memblokir jalan raya yang menghubungkan ibukota La Pas dengan kota Oruro. Setidaknya dua penambang tewas dan 17 polisi terluka dalam bentrokan. Pemerintah menyatakan Illanes kemudian menemui para pengunjuk rasa untuk mencoba berdialog.

Para penambang, yang bekerja di koperasi dan bukan untuk perusahaan swasta, telah terpukul dengan penurunan komoditas global dan menuntut agar pemerintah melonggarkan aturan tentang lingkungan dan meningkatkan subsidi.(exe/ist)

0 Komentar