Sabtu, 27 Agustus 2016 07:53 WIB

Pelatih Timnas Spanyol Buang Dua Pemain Veteran

Editor : Eggi Paksha
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Spanyol akan mengikuti kualifikasi Piala Dunia 2018 tanpa dua pemain veterannya.


Pelatih anyar Negeri Matador, Julen Lopetegui, memutuskan membuang Iker Casillas dan Cesc Fabegras. Kiprah Casillas bersama La Furia Roja sepertinya sudah berakhir.


Pasalnya, kiper Porto berusia 35 tahun itu tidak masuk daftar pemain Lopetegui. Arsitek asal Spanyol itu lebih memilih Adrian (West Ham United) untuk menemani David de Gea (Manchester United) dan Pepe Reina (Napoli).

Lopetegui sebenarnya tidak asing dengan Casillas. Sebelum menggantikan Vicente del Bosque, sosok berumur 49 tahun itu sempat membesut San Iker di Porto. Casillas juga masuk tim inti Dragoes dan sudah tampil 32 kali di Liga Portugal (Primeira Liga). Secara teknis, Casillas masih layak membela Spanyol.

Meski demikian, Lopetegui tetap tidak memasukan Casillas dalam daftar pemain. Disinyalir selain karena sudah uzur, mantan portero Real Madrid itu mulai rentan melakukan kesalahan. Buktinya, dia sempat beberapa kali mencatat blunder selama membela Porto.

Pencoretan ini dipercaya sebagai akhir perjalanan Casillas di kancah internasional. Maklum, sebelumnya dia sudah  kehilangan status kiper nomor satu Spanyol saat Piala Eropa 2016. Predikat itu sekarang jadi milik De Gea.

Kabar baiknya, Casillas tidak sendirian. Dia ditemani Fabegras yang juga ikut didepak Lopetegui. Itu berarti mereka berdua tidak akan mengikuti kualifikasi Piala Dunia 2018 yang akan diawali dengan menjamu Liechtenstein, 6 September mendatang. Tapi, sebelum partai itu, Spanyol akan beruji coba dulu dengan Belgia, di King Baudouin Stadium, 2 September.

Bila Casillas dan Fabegras terbuang, tidak demikian dengan Marco Asensio. Berkat perkembangan pesatnya, serta penampilan gemilang pada laga pertama Liga Spanyol musim ini, gelandang serang Madrid itu mendapat panggilan tugas negara.

Asensio akan menemani beberapa rekan setimnya di Madrid, seperti Dani Carvajal, Lucas  Vazquez dan Alvaro Morata. Namun, dalam skuat yang dikeluarkan  Lopetegui,  Barcelona paling dominan dengan empat wakil, yakni Sergio Busquets, Jordi Alba, Sergi Roberto, Gerard Pique.(exe/ist)

Daftar pemain timnas Spanyol

Kiper
David De Gea (Manchester United), Pepe Reina (Napoli), Adrian (West Ham United)

Bek
Gerard Pique (Barcelona), Marc Bartra (Borussia Dortmund), Sergi Roberto (Barcelona), Dani Carvajal (Real Madrid), Javi Martinez (Bayern Munich), Jordi Alba (Barcelona), Cesar Azpilicueta (Chelsea)

Gelandang
Saul Niguez (Atletico Madrid), Marco Asensio (Real Madrid), Sergio Busquets (Barcelona), Thiago (Bayern Munich), Koke (Atletico Madrid), David Silva (Manchester City), Lucas Vazquez (Real Madrid).

Penyerang
Paco Alcacer (Valencia), Nolito (Manchester City), Alvaro Morata (Real Madrid), Diego Costa (Chelsea), Vitolo (Sevilla)