Selasa, 23 Agustus 2016 22:34 WIB

Prajurit KRI Banda Aceh 593 Dibekali P3K dan Bahaya Penyakit Menular Seksual

Editor : Eggi Paksha
Laporan Ryan Suryadi


JAKARTA, Tigapilarnews.com- Prajurit Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Banda Aceh 593 mendapatkan ceramah kesehatan dari Dinas Kesehatan (Diskes) Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) di Long Room Perwira KRI Banda Aceh yang sedang sandar di Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (23/08/2016).


Ceramah kesehatan yang diberikan tentang bantuan hidup dasar (Basic Life Support), penyakit menular seksual (PMS) dan Human Immunodeficiency Virus/Acquired Immune Deficiency Syndrome (HIV/AIDS).


Kadiskes Kolinlamil, Letkol Laut (K) Hengky Setyahadi, mengatakan bahwa ceramah kesehatan yang diberikan kepada prajurit kapal perang ini dimaksudkan sebagai bekal tambahan pengetahuan yang berdinas di kapal perang. Terutama dalam hal BHD.


"Hal ini dalam rangka membekali prajurit KRI dalam P3K (pertolongan pertama pada kecelakaan) dan mencegah serta mengurangi bahaya penyakit menular seksual," jelas Hengki.


Dalam kesempatan tersebut, tim ceramah kesehatan dari Diskes Kolinlamil Mayor Laut (K/W) Jamilah Amk, Mayor Laut (K) Yayat Ruhiyat, Kapten Laut Djarot Wicaksono dan Kapten Laut (K) dr. Timmy menerangkan secara terperinci.


Di antaranya tentang apa itu HIV/AIDS, cara penularan HIV/AIDS, apa saja jenis-jenisnya, cara pencegahannya, cara pengobatannya, serta diperlihatkan juga contoh gambaran atau foto para penderita HIV/AIDS.


Kegiatan pembekalan mendapat respon positif dari semua prajurit kapal perang dengan tanya jawab serta peragaan tentang cara pencegahan penyakit tersebut. Antara lain saat diperagakannya cara pemakaian sarung pengaman atau alat kontrasepsi oleh Mayor Laut (K/W) Jamilah A.MK.(exe)

0 Komentar