Rabu, 10 Agustus 2016 08:57 WIB

Hasnaeni Berencana Bangun Rusunawa di Sekitar Pasar Ikan

Editor : Yusuf Ibrahim
Laporan Ryan Suryadi

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Bakal Calon Gubernur DKI Jakarta, Mischa Hasnaeni Moein, mengungkapkan alasannya tak pernah lagi berkunjung ke Pasar Ikan, Penjaringan, Jakarta Utara.

Sejak bangunan tersebut ditertibkan Pemprov DKI pada pertengahan April lalu, Hasnaeni tak pernah sekalipun berkunjung. Sedangkan sebelum penertiban, Hasnaeni sempat datang dan berjanji akan membela hak-hak warga.

Ditambahkan Hasnaeni, tidak pernah berkunjung karena tidak ada lagi warga yang berada di lokasi tersebut. Menurutnya, seluruh warga telah pergi, sehingga percuma saja jika harus kembali datang sementara permukiman telah kosong.

"Kan enggak ada orang di situ. Memang sudah tidak ada orang lagi," ujar Hasnaeni saat ditemui di Muara Angke, Jakarta Utara, Selasa (09/08/2016).

Sosok yang dijuluki Wanita Emas ini mengatakan, akan kembali ke Pasar Ikan jika telah terpilih menjadi gubernur DKI Jakarta. Hasnaeni berencana untuk membangun rumah susun sewa sederhana (Rusunawa) bagi para warga yang telah ditertibkan.

Rusun itu akan dibangun di atas Pasar Ikan. Hasnaeni menilai, pembangunan itu nantinya akan kembali mendekatkan warga dengan tempat asalnya. Diketahui banyak warga yang telah tinggal di Pasar Ikan selama puluhan tahun. "Jadi mereka yang tergusur akan kembali lagi ke tempat mereka," ujar Hasnaeni.

Dirinya menilai, pembuatan rusunawa di Pasar Ikan yang direncanakan tidak memerlukan kajian yang mendalam. "Kajian-kajian enggak perlu lah kan kita udah tahu, dari pantai sekitar berapa meter itu kan harus dikosongkan, nanti dijadikan taman terus dibangun rusun," ujar Hasnaeni.

Saat ini, masih ada puluhan warga yang bertahan di Pasar Ikan. Warga yang bertahan membangun bedeng di atas puing reruntuhan rumah mereka. Termasuk, ada belasan bedeng yang kini berdiri di dekat tanggul Sunda Kelapa.(exe)
0 Komentar