Selasa, 09 Agustus 2016 08:42 WIB

Phelps Raih Medali Terbanyak di Olimpiade

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Perenang Michael Phelps menggila di arena kolam renang Olimpiade 2016.

Ia berhasil merebut medali emas ke-19 sekaligus mencetak rekor peraih medali terbanyak di pentas olimpiade. Phelps menambah rekor perolehan medali usai membawa tim renang AS menjadi jawara di nomor estafet 4x100 gaya bebas.

Tambahan medali itu makin mengukuhkan Phelps sebagai peraih medali terbanyak dengan 23 medali termasuk dua perak dan dua perunggu.

"Olimpian (atlet olimpiade) yang mendapatkan medali paling banyak sepanjang masa itu kini sudah memenangkan emas pada empat olimpiade berbeda. Saya adalah perenang pertama yang melakukan hal itu," kata Phelps seperti dikutip Reuters, Senin (08/08/2016).

Di nomor final, Tim AS sukses menjadi yang tercepat dengan waktu 3:09.92 detik. Catatan ini lebih lambat satu detik dibandingkan rekor sebelumnya yang dibuat di Olimpiade Beijing. Sementara itu medali perak direbut Perancis (3:10.53) dan Australia kebagian perunggu.

Meski begitu, aksi kuartet Caeleb Dressel, Phelps, Ryan Held dan Nathan Adrian menjadikan AS mendominasi nomor estafet ini sejak dilombakan pada 1964. Tambahan emas ini membuat AS untuk sementara sebagai kolektor medali terbanyak di cabang renang dengan dua emas, tiga perak dan tiga perunggu.(exe/ist)
0 Komentar