Minggu, 07 Agustus 2016 16:27 WIB

Operasi Pembersihan, Turki Tangkap 90 Anggota Pasukan Khusus

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Puluhan personil pasukan khusus Turki dilaporkan ditangkap pada hari Sabtu kemarin.

Penangkapan ini adalah perkembangan terbaru dalam operasi penumpasan menyusul kudeta yang gagal pada bulan lalu yang menewaskan lebih dari 270 orang. Seperti dikutip Washington Post dari kantor berita Anadolu, Minggu (07/08/2016), hampir 90 anggota pasukan khusus ditangkap setelah diidentifikasi oleh sebuah komisi yang dibentuk oleh Komando Pasukan Khusus yang dibentuk pascaupaya kudeta 15 Juli.

Turki meluncurkan operasi pembersihan dengan target pengikut ulama yang berbasis di Amerika Serikat (AS) Fethullah Gulen, yang dituding Ankara mendalangi upaya kudeta. Puluhan ribu personil militer, kepolisian, dan seluruh sektor publik telah diberhentikan, ditahan, atau ditangkap sejak pasukan yang setia kepada Presiden Recep Tayyep Erdogan berhasil memadamkan pemberontakan.

Turki juga telah mereformasi struktur keamanannya, dimana militer berada di bawah otoritas sipil dalam serangkaian keputusan pemerintah menyusul deklarasi keadaan darurat.

Sebelumnya, Perdana Menteri Binali Yildirim menjadi tuan rumah pertemuan puncak keamanan tingkat tinggi pemerintah dan pejabat militer di Ankara.

Mereka yang hadir termasuk menteri luar negeri, keadilan, dalam negeri dan pertahanan, kepala staf umum dan kepala badan intelijen nasional Turki dan polisi nasional. Tidak ada keputusan yang diumumkan setelah pertemuan.(exe/ist)
0 Komentar