Jumat, 22 Juli 2016 23:29 WIB

Operasi Pasar, Sudin KPKP Jakarta Utara Temukan Makanan Berformalin

Editor : Yusuf Ibrahim
Laporan Ryan Suryadi


JAKARTA, Tigapilarnews.com- Suku Dinas Kelautan Pertanian Ketahanan Pangan (Sudin KPKP) Jakarta Utara menemukan tahu dan ikan asin jambal roti mengandung formalin, saat melakukan operasi di lima pasar di wilayah Jakarta Utara, Jumat (22/07/2016).



Kelima pasar tersebut yaitu Pasar Sunter Podomoro, Pasar Pelita, Pasar Kebon Bawang, Pasar Sungai Bambu dan Pasar Anyar Bahari.
Dari masing-masing kriteria barang jualan berjenis peternakan, perikanan dan pertanian, Sudin Kelautan Pertanian Ketahanan Pangan (KPKP) memeriksa 10 sample. 


"Peternakan 20 sample, contohnya ayam dan kikil olahan. Perikanan 20 sample semua jenis ikan. Contohnya bandeng dan tongkol dan pertanian 24 sample yakni sayur dan buah," kata petugas Sudin KPKP yang berada di lapangan, Jaenap.


Sedangkan menurut Kasudin KPKP, Rita Nirmala, pihaknya mendapati dua bahan pangan mengandung pengawet.  "Tahu dan roti jambal. Tahu dari Pasar Sunter Podomoro, sedangkan jambal roti dari Pasar Pelita," katanya Rita.

Meski tahu bisa dikatakan produk pertanian favorit yang mengandung pengawet, namun Rita mengatakan kini jumlahnya sudah mulai menurun.  "Yang bahaya kini jambal roti. Jadi kurangi mengkonsumsi atau makan penganan tersebut," sarannya.(exe)


0 Komentar