Selasa, 19 Juli 2016 15:47 WIB

Soal Foto Santoso di Dunia Maya, Polri: Kami Masih Identifikasi

Editor : Rajaman
Laporan: Gita Ginting

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Mabes Polri menyatakan belum bisa memastikan kabar beredarnya foto di dunia maya yang diduga salah satunya adalah pimpinan teroris jaringan Mujahidin Indonesia Timur (MIT) Santoso benar atau tidak.

Pasalnya, dalam foto itu tergambar bahwa kondisi jenazah sangat memprihatinkan dengan kepala pecah dan wajah yang rusak akibat tembakan sejumlah peluru tajam.

santoso

"Untuk foto beredar kami belum dapat sampaikan apakah Santoso atau siapa atau itu rekayasa, kami juga belum tau," ujar Boy di Mabes Polri, Selasa (19/7/2016).

Boy menambahkan, sampai saat ini belum ada yang dapat mempertanggungjawabkan keaslian penyebar kedua foto itu, apakah dari lingkungan Polri sendiri atau bukan.

Kendati demikian, Boy mengaku Kapolri telah memerintahkan Kapusdokkes Polri untuk memberangkatkan tim perbantuan tim DVI (Disaster Victim Identification) untuk identifikasi terhadap jenazah terduga pelaku mirip Santoso.

"Kami membutuhkan proses pemeriksaan yang dilakukan tim DVI. Dengan melakukan identifikasi wajah, gigi, dan DNA," lanjut Boy.

Selain itu, pihaknya telah menyiapkan sampel pembanding untuk mengidentifikasi jenazah. Sampel didapat dari keluarga, yakni orang tua Santoso. Selain itu, pihaknya juga masih menyimpan data lama saat Santoso pernah menjalani hukuman penjara pada tahun 2005.

Boy menjanjikan, apabila proses identifikasi selesai, Polri akan mengumumkan ke publik bila benar foto ataupun jeazah tersebut 100 persen Santoso. Untuk proses identifikasi dengan DNA membutuhkan waktu paling lama empat hari.
0 Komentar