Jumat, 15 Juli 2016 08:41 WIB

Perjanjian Dilanggar, Iran Siap Jalankan Program Nuklir

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Presiden Iran, Hassan Rouhani, mengatakan Teheran sepenuhnya siap untuk menjalankan kembali program nuklirnya.


Dengan catatan, ditambahkannya, jika negara-negara yang menjadi kekuatan dunia melanggar perjanjian nuklir yang telah ditandatangani. Berbicara dalam perayaan satu tahun penandatanganan kesepakatan nuklir di ibukota Teheran, Rouhani memuji kesepakatan itu.


Rouhani menggambarkannya sebagai suatu hal yang berguna dan bermanfaat bagi perdamaian global, stabilitas, dan pembangunan.

Namun, Presiden Iran juga memperingatkan, bahwa melanggar kesepakatan itu akan menyakiti semua orang. "Siapa pun yang memulai pelanggaran terhadap kesepakatan itu akan menjadi pecundang di arena internasional," kata Rouhani, seperti disitat dari Middle East Monitor, Kamis (14/07/2016).

Rouhani juga menekankan perlunya mengerahkan segala upaya yang diperlukan untuk menerapkan dan mengambil keuntungan dari kesepakatan bersejarah tersebut.

Berdasarkan kesepakatan itu, Iran setuju untuk membatasi program nuklirnya dan menyediakan akses ke badan monitor atom internasional dengan imbalan penghentian semua sanksi terkait nuklir yang dikenakan oleh Amerika Serikat, PBB dan Uni Eropa.(exe/ist)

0 Komentar