Jumat, 15 Juli 2016 07:11 WIB

Kodiklat TNI Diminta Terus Kaji Kurikulum Pendidikan

Editor : Eggi Paksha
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Panglima TNI, Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, memimpin upacara serah terima jabatan (Sertijab) komandan komando pembinaan doktrin pendidikan dan latihan (Dankodiklat) TNI, dari Mayjen TNI Dedi Kusnadi Thamim kepada Mayjen TNI Sumardi, di GOR Ahmad Yani, Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (14/07/2016).

 

"Sertijab di lingkungan TNI merupakan bagian dari pembinaan organisasi terutama personel, dalam rangka meningkatkan dinamika serta kapasitas dan kualitas kinerja, sesuai peran, tugas pokok dan fungsi organisasi," kata Panglima TNI.

 

Gatot Nurmantyo dalam setiap kesempatannya selalu mengingatkan, bahwa tugas mendatang bukan semakin ringan. Tetapi, ditambahkannya, justru semakin berat, kompleks dan penuh dinamika.


"Hal itu disebabkan oleh pengaruh perkembangan situasi global, regional, dan juga nasional, yang mengharuskan TNI semakin waspada dan bersiap diri menghadapi segala kemungkinan yang akan terjadi," ucapnya.

 

Menurutnya lagi, terdapat beberapa substansi penting dan strategis bagi kelangsungan hidup organisasi TNI. Yaitu, pentingnya evaluasi bukan saja pada keberhasilan operasi yang dicapai, tetapi lebih pada hikmah dan pelajaran yang dapat diambil dari operasi atau latihan yang digelar di masa lalu. Selain itu, serta pengaruhnya terhadap perencanaan pembangunan TNI di masa mendatang.

 

Dalam kesempatan tersebut, Gatot Nurmantyo berharap Kodiklat TNI dapat mengambil peran secara optimal sesuai deskripsi embanan tugas Kodiklat TNI dihadapkan kepada kebijakan Panglima TNI, yang telah ditetapkan pada Rapat Pimpinan TNI Tahun 2016.


Sehingga, penyelenggaraan pendidikan dan latihan dalam bentuk serta strata apapun menjadi jawaban terhadap perkembangan faktual dan menjadi tugas pokok TNI.

 

Mengakhiri sambutannya, Panglima TNI mengingatkan jangan pernah lelah mengkaji kurikulum pendidikan yang menjadi domain Kodiklat TNI. Sebab hal tersebut, berguna meningkatkan kualitas SDM dihadapkan kepada perkembangan ilmu pengetahuan dan perkembangan strategi militer kawasan.

 

Turut hadir dalam acara tersebut di antaranya Kasum TNI Laksdya TNI Didit Herdiawan, Wakasad Letjen TNI  Erwin Syafitri, Wakasal Laksdya TNI Arie Hendrycus Sembiring, Wakasau Marsdya TNI Hadiyan Sumintaatmadja, Dansesko TNI Letjen TNI Agus Sutomo, para Asisten Panglima TNI, Kapuspen TNI Mayjen TNI Tatang Sulaiman dan para pejabat teras Mabes TNI dan angakatan.(exe/ist)

0 Komentar