Selasa, 12 Juli 2016 08:31 WIB

AS Berencana Bangun Pangkalan Militer Dekat Pusat Kegiatan ISIS di Irak

Editor : Eggi Paksha
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Ashton Carter, dilaporkan melakukan kunjungan mendadak ke Irak.

Dirinya melakukan kunjungan ke Irak untuk bertemu dengan pejabat militer AS dan Irak guna membahas mengenai rencana penggunaan pangkalan militer yang berada di dekat Mosul.

Pangkalan udara yang akan ditempati oleh pasukan AS dan sekutunya itu adalah pangkalan militer yang beberapa waktu lalu berhasil direbut kembali oleh tentara Irak dari tangan ISIS. Pangkalan udara ini dinilai sangat strategis, karena berada dekat dengan Mosul, pusat kegiatan ISIS di Irak.

"Pasukan koalisi dan AS akan menggunakan pangkalan udara yang baru direbut kembali di Qayara sebagai tempat persinggahan. Di saat yang sama, pasukan keamanan Irak bergerak maju dalam pertempuran untuk merebut kembali Mosul dari militan ISIS," ucap Carter, seperti dilansir Al Arabiya pada Senin (11/07/2016).

Pangkalan udara itu, lanjut Carter, kemungkinan besar akan digunakan untuk menyimpan kebutuhan logistik, dan juga sebagai penghubung bagi jet tempur AS dan negara anggota koalisi yang hendak melakukan serangan ke Mosul.

Carter juga mengatakan, penasihat militer AS yang berada di Irak siap untuk menemani batalion pasukan keamanan Irak jika diperlukan. Saat ini pasukan keamanan Irak mulai mengepung Mosul dari berbagai sisi.

Namun, seorang pejabat pertahanan senior Kemhan AS mengatakan, belum jelas kapan penasihat AS akan mulai menyertai pasukan Irak yang mulai mendekati Mosul. Itu bisa dilakukan dalam beberapa pekan, tapi juga bisa beberapa bulan mendatang.(exe/ist)
0 Komentar