Senin, 11 Juli 2016 11:43 WIB

Syarat Terpenuhi, Terminal 3 Ultimate Bandara Internasional Soetta Siap Beroperasi

Editor : Danang Fajar
Laporan: Hendrik Simorangkir

TANGERANG, Tigapilarnews.com - Telah memenuhi semua persyaratan yang ditetapkan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Terminal 3 Ultimate Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), siap beroperasi.

"Persiapan pengoperasian Terminal 3 Ultimate sudah hampir rampung. Beberapa persyaratan kemarin yang sudah ditetapkan oleh Kementerian Perhubungan seminggu sebelum Idul Fitri maupun satu minggu setelah Idul Fitri ini kita sudah siapkan semaksimal mungkin," ujar VP Electronical and Mecanical Angkasa Pura II, Muhammad Putra Patriadi, Senin (11/7/2016) pagi.

Ia menjelaskan, persiapan pengoperasian T3 Ultimate sudah mencapai 90 persen persiapannya.

"Kalau ditanya persiapannya, mungkin sudah sepenuhnya kita siapkan ya. Saya persentasekan 90 persen sudah kita siap," kata Putra.

Putra menambahkan, pembangunan tower Apron Movement Control (AMC) belum selesai dan masih dalam tahap penyelesaian serta diperkirakan akan dapat dioperasikan pada tanggal 18 Juli 2016 nanti.

"Satu hal yang belum siap yakni pada penyelesaian tower AMC. Tower AMC itu tergetnya tanggal 15 Juli, insya Allah nanti tanggal 18 Juli sudah siap dioperasikan, lengkap dengan fasilitasnya," jelasnya.

Sementara untuk fasilitas lain, lanjut Putra, terkait dengan kebutuhan operasional terminal 3 Ultimate khususnya terkait dengan teknologinya sudah hampir 100 persen.

"Masalah kelistrikan yang menjadi isu awal sudah kita selesaikan tuntas. Kemudian screening untuk baggage handling system juga kita sudah selesaikan sampai dengan comissioning terakhir, tinggal semua fasilitas data dukungnya itu akan kita sampaikan ke Kementerian Perhubungan. Insya Allah nanti harapannya di Minggu ketiga, kalau tidak ada halangan kita sudah siap mengoperasikan Terminal 3. Tapi, semua keputusan kita kembalikan ke Kemenhub," pungkasnya.
0 Komentar