Selasa, 05 Juli 2016 06:40 WIB

PBNU Serukan Perbaikan Akhlak Bangsa

Editor : Eggi Paksha
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menyerukan kepada seluruh masyarakat termasuk penyelenggara negara untuk menjadikan Hari Raya Idul Fitri 1437 H sebagai momentum silaturahmi nasional dan perbaikan akhlak bangsa.

"Agar pembangunan bangsa selalu diberi keberkahan oleh Allah SWT," ujar Ketua Umum PBNU, Said Aqil Siradj, saat melakukan konferensi pers di Kantor PBNU, Jakarta Pusat, Senin (04/07/2016).

Said mengatakan, Idul Fitri harus sebagai momentum untuk peneguhan komitmen hikmah pengabdian kepada bangsa dan negara mengatasi kepentingan pribadi dan golongan.

Dalam hal ini, PBNU juga menyerukan kepada segenap umat Islam khususnya warga NU untuk menghidupkan malam Idul Fitri dengan takbir tahmid dan tahlil di seantero nusantara dengan tetap menjaga ketertiban kehidmatan dan kekhusukan.

"PBNU menginstruksikan kepada segenap umat Islam, khususnya warga Nahdlatul Ulama yang memiliki kelebihan bahan makanan pokok di malam Idul Fitri untuk menunaikan ibadah zakat fitrah dan disalurkan secara baik. Agar di Hari Raya Idul Fitri tidak ada satu pun orang yang kelaparan dan meminta-minta untuk sekadar makan," tuturnya.

Lanjut Said, para amil zakat juga diminta secara aktif mendistribusikan zakat fitrah dan proaktif memastikan tidak ada seorang pun yang kelaparan. "Di hari raya zakat fitrah harus sudah terdistribusikan kepada yang berhak sebelum pelaksanaan salat Idul Fitri," tandasnya.

Ia juga menyebut, PBNU menyerukan kepada seluruh umat Islam menunaikan salat Idul Fitri 1437 H dengan khusyuk dan khidmat. Untuk itu, Said mengajak seluruh pihak berpartisipasi menjaga keamanan dan kenyamanan ibadah Idul Fitri ini khususnya di daerah-daerah yang rawan keamanan.

"Para khatib hendaknya menyampaikan materi khutbah yang menekankan persatuan umat dan bangsa jauh dari caci maki dan kebencian, serta dorongan untuk kesediaan berbagi serta pentingnya membangun kebersamaan dan solidaritas sosial," jelasnya.

Ditambahkan Said, PBNU juga menyerukan seluruh umat Islam yang melakukan mudik untuk menjaga ketertiban di jalan raya dan senantiasa tetap menjaga ibadah memperhatikan konsumsi pangan halal.

Selain itu, mewujudkan silaturahim dan meneguhkan solidaritas sosial serta saling berbagi tidak pamer kekayaan yang justru menyebabkan kecemburuan sosial.(exe/ist)
0 Komentar