Minggu, 03 Juli 2016 16:47 WIB

Kuota 168.800, Menag Lukman Janji Urusan Haji Lebih Efesien dan Efektif

Editor : Eggi Paksha
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Menteri Agama (Menag), Lukman Hakim, baru saja melakukan kunjungan ke Mekkah dan Madinah, Arab Saudi untuk memastikan penyelenggaraan haji tahun 2016.

Dia mengakui, telah bertemu sejumlah pejabat di Arab Saudi untuk memastikan segala sesuatu berjalan tanpa menemui permasalahan yang terjadi setiap tahun.

“Saya bertemu beberapa pejabat terkait di sana. Saya didampingi Dirjen Penyelenggaraan Umrah dan Haji, Abdul Jamil, dan sangat yakin, Haji 2016 ini sudah siap. Alhamdulillah semua baik dari katering, hotel saya pastikan bertaraf bintang tiga. Kenyataannya sesuai harapan,” tutur Lukman di VIP Room Bandara Internasional Soekarno-Hatta, usai pulang dari Mekkah, Sabtu (02/07/2016).

Menurut dia, Kemenag telah menempatkan petugas sebanyak dua orang di setiap hotel yang bekerja sama dengan pihaknya.

Dia menilai, urusan haji tahun ini harus lebih efesien dan efektif, seperti tidak kalah pentingnya pengurusan visa. “Kita sama dengan tahun sebelumnya, mendapat kuota 168.800 orang, tidak ada penurunan. Permasalahan haji tak akan terulang seperti tahun sebelumnya,” katanya.

Adapun metode penentuan Hari Idul Fitri, sama dengan tahun sebelumnya, yakni dengan dua metode, hisab dan rukyat. “Hisab adalah cara melihat hilal, sedangkan Ruhiyat untuk memastikan hitungan hilal itu sendiri, sidang akan akan dilakukan Senin 4 Juli secara tertutup,” katanya.(exe/ist)
0 Komentar