Rabu, 29 Juni 2016 16:55 WIB

Terdeteksi Suspect Narkoba, Co-pilot dan Pramugari Dilarang Terbang

Editor : Danang Fajar
Laporan : Hendrik Simorangkir

TANGERANG, Tigapilarnews.com - Ratusan pilot, co pilot dan pramugari di Bandara Soekarno Hatta (Soetta), menjalani tes urine yang digelar Badan Narkotika Nasional (BNN) Banten dan pihak Otoritas Bandara Soetta.

Selain tes urine, kesehatan pilot dan pramugari dari berbagai maskapai turut di cek, sebagai bentuk persiapan maskapai penerbangan dalam menghadapi arus mudik lebaran 2016.

"Tes urine sengaja kami lakukan, untuk menghindari adanya keterlibatan kru pesawat yang menggunakan narkoba," ujar Irjen Bachtiar, Deputi Pemberdayaan Masyarakat BNN, Rabu (29/6/2016) siang.

Dari hasil tes urine diketahui, terdapat seorang co-pilot dan pramugari terdeteksi suspect narkoba. Namun, petugas belum menyatakan dari maskapai apa keduanya yang positif tersebut.

"Ada dua sementara yang positif, co-pilot dan pramugari, namun demikian kita harus dalami hasilnya di lab kita. Nanti ya kita laporkan kepada Dirjen Perhubungan Udara," katanya.

Sementara, dua crew pesawat yang suspect narkoba, untuk sementara dilarang terbang, guna menjalani proses identifikasi lebih lanjut oleh BNN Bandara Soetta.

"Bagi yang positif akan diindetifikasi lebih lanjut. Mereka yang positif mengaku habis minum obat karena sedang sakit. Tetapi seharusnya pun begitu, itu mereka tidak usah terbang karena membahayakan keselamatan penerbangan," tutup Bachtiar.
0 Komentar