Selasa, 28 Juni 2016 12:22 WIB

BNN Gandeng LAPAN Pantau Sebaran Ladang Ganja Via Satelit

Editor : Rajaman
Laporan: Muchammad Syahputra

JAKARTA,Tigapilarnews.com - Badan Narkotika Nasional (BNN) bekerjasama dengan lembaga Antariksa dan Pengembangan (LAPAN) dalam rangka mendeteksi sebaran Ladang Ganja melalui Citra Satelit.

Hal ini dimaksudkan untuk dapat memantau serta menditeksi lahan ganja yang selama ini kerap dilakukan petani ganja untuk dapat menghasilkan uang dari barang haram itu.

"Kita akan lakukan pemantauan untuk kedalam negeri lahan-lahan Ganja di Aceh khususnya, daerah Sumatera dan Lain-lainnya akan mempermudah kita dalam mengetahui ladang-ladang ganja milik para petani yang akan kita lakukan penertiban," ujar Kepala BNN, Komjen Pol Budi Waseso usai menandatangani nota kesepahaman (MOU) dengan Kepala LAPAN, Prof Thomas Djaaludin, di kantor BNN, Selasa (28/6/2016).

Pria akrab disapa Buwas menambahkan, nantinya penggunaan satelit tersebut menjadi sarana pencegahan untuk para petani Ganja agar lebih waspada.

Alat ini juga dapat mendeteksi sejumlah populasi terbaru mengenai pembukaan ladang Ganja terbaru yang kemungkinan akan dijadikan tempat oleh para petani dalam menanam Ganja di ladang.

"Kedepannya teknologi Lapan bisa digunakan sebagai alat antisipasi atau pencegahan dalam menekan populasi pembvukaan lahan yanbg kemungkinan di jadikan tempat oleh para petani dalam menanam Ganja," tambahnya.

Dirinya menjelaskan kerjasama yang dilakukan dengan menggandeng Lapan ini dapat menghemat anggaran BNN, hal tersebut dikarenakan, pihaknya tak perlu mengeluarkan dana yang besar untuk membeli sebuah pesawat dengan teknologi yang dapat memantau sebaran ladang Ganja yang ada di Indonesia.

"Mengenai data itu kan real time, terus dan selalu berkembang. Sekarang begini, kita manfaatkan kekuatan yang ada. Kita lebih hemat. Alat pesawat terbang mahal. Kegiatan Lapan yang rutin kita manfaatkan," jelas mantan Kabareskrim Polri ini.
0 Komentar