Selasa, 28 Juni 2016 06:47 WIB

Terminal 3 Ultimate Tak Bisa Perlancar Mudik Lebaran

Editor : Eggi Paksha
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Menteri Perhubungan (Menhub), Ignasius Jonan, memastikan Terminal 3 Ultimate tidak bisa digunakan untuk memperlancar arus mudik saat Lebaran tahun ini.

Pasalnya, masih banyak persyaratan yang masih belum dipenuhi PT Angkasa Pura II (Persero) untu‎k dioperasikan. Dia mengatakan, Terminal 3 Ultimate bisa digunakan jika memang perseroan bisa memenuhi syarat yang diajukan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk pengoperasian.

Sebab, beberapa syarat seperti arus listrik dan genset serta sistem navigasi pesawat belum memenuhi standar yang ditetapkan. "Enggak bisa (Terminal 3 Ultimate dioperasikan Lebaran). Banyak yang harus dipenuhi, kecuali misalnya AP II itu bisa memenuhi semua sekarang," katanya di Gedung DPR/MPR RI, Jakarta, Senin (27/06/2016).

Menurutnya, meski BUMN operator bandara tersebut bisa memenuhi persyaratan yang diajukan saat ini, namun pengoperasian tetap tidak bisa dilakukan dalam waktu dekat. Pasalnya, petugas pemeriksaan Kemenhub sudah diterjunkan ke lapangan memantau arus mudik.

"‎Inspektur saya juga sudah enggak ada untuk memeriksa. Semua sudah di lapangan. Tunggu setelah operasi lebarannya selesai, kita cek lagi. Konsentrasi Lebaran dulu," kata Jonan.

Sebelumnya, Menteri Koordinator (Menko) bidang Kemaritiman Rizal Ramli mengungkapkan, Terminal 3 Ultimate pada dasarnya bisa digunakan untuk periode Lebaran. Namun, untuk saat ini hanya bisa digunakan ke lima kota tujuan.

"Baru bisa untuk lima kota tujuan, penumpang paling banyak Yogyakarta, Semarang, Solo, Padang dan satu lagi di luar Jawa. Tentu berjalan dengan waktu akan diperbaiki, September akan banyak yang bisa," ungkapnya belum lama ini.(exe/ist)
0 Komentar