Minggu, 26 Juni 2016 05:11 WIB

Tertekan Sepanjang Pertandingan, Portugal Lolos ke 8 Besar Piala Eropa

Editor : RB Siregar
LENS, Tigapilarnews.com - Menguasai pertandingan secara keseluruhan, tak jadi jaminan untuk bisa lolos ke babak 8 besar Piala Eropa 2016. Hal itu dialami Timnas Kroasia yang harus tersingkir setelah kalah 0-1 dari Portugal, Minggu (266/2016) WIB dinihari.

Bermain di Stade Bollaert-Delelis, Lens, pada pertandingan babak 16 besar Piala Eropa 2016, pasukan Ante Cacic mendominasi penguasaan bola dengan perbandingan 58:42.

Menurut catatan, Kroasia melepas tembakan percobaan sebanyak 12 kali, sedangkan Portugal hanya membukukan tiga kali tendangan ke gawang.

Hanya saja, sejumlah peluang emas Kroasia yang diperkuat sejumlah pemain bintang, di antaranya Luca Modric, Rakitic maupun Mandzukic, tetap tak mampu mengubah kedudukan.

Padahal, gawang Timas Portugal yang dikawal Rui Patrício berkali-kali diancam Modric, Rakitic maupun Mandzukic. Namun, bola hanya melintas di atas mistar gawang Portugal, atau mengenai tiang gawang saja.

Skor 0-0 tak berubah hingga waktu normal 90 menit. Pertandingan diperpanjang 2 x 15 menit. Determinasi anak asuh Ante Cacic tetap berlanjut.

Menit ke-117, Kroasi mengancam gawang Rui Particio. Bola membentur tiang kanan gawang namun Portugal, kemudian disapu ke lapangan tengah.

Luis Nani memanfaatkan situasi itu dengan serangan balik. Di depan kotak 16, Nani melepas umpan silang ke arah Ronaldo, lalu dilepas tembakan keras.

Kiper Kroasia, Danijel Subasic memblok tembakan gelandang serang Real Madrid itu pakai tangan kanan. Namun, bola mengarah ke pemain pengganti Ricardo Quaresma. Tandukannya tak bisa diantisipasi Rui Patrio yang saat itu sudah dalam posisi out of position, 1-0.

Skor itu berhasil dipertahankan Ronaldo dan kawan-kawan untuk memastikan lolos ke babak 8 besar Piala Eropa 2016. Pencapaian itu merupakan hasil gemilang bagi Portugal.  Menurut catatan, Portugal lolos ke babak delapan besar untuk keenam kalinya.

Portuga menjadi tim ketiga lolos ke babak 8 besar Piala Eropa 2016 setelah sebelumnya, Polandia dan Timnas Wales lolos lebih dulu.(i)
0 Komentar