Sabtu, 18 Juni 2016 05:53 WIB

Ceko Gagalkan Kemenangan Kroasia

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Timnas Kroasia harus menunda langkahnya ke 16 Besar Piala Eropa.

Kepastian tersebut diperoleh setelah di laga kedua Grup D secara dramatis Rep. Ceko berhasil menggagalkan kemenangan Kroasia yang sudah di depan mata. Kroasia sebenarnya hanya butuh beberapa menit saja untuk menemani Perancis dan Italia ke 16 Besar.

Sayangnya, keunggulan 2-1 sampai jelang bubaran bisa dikejar Rep. Ceko setelah mendapatkan tendangan penalti. Pada pertandingan yang berlangsung di Stade Geoffroy Guichard, Saint Eitinne, Sabtu (18/06/2016) dinihari WIB, pemain Rep. Ceko terlihat ngotot tak mau disingkirkan begitu saja. Mereka terus memburu gol sampai detik-detik akhir.

Hasilnya ketika di tambahan waktu, Tomas Necid yang masuk di babak kedua melaksanakan tugasnya dengan baik sebagai algojo. Penalti diberikan wasit Mark Clattenburg asal Inggris setelah Domagoj Vida menahan bola dengan tangannya.

Kengototan Kroasia untuk meraih tiket 16 Besar memang terlihat sejak menit awal. Mereka begitu mondominasi jalannya pertandingan. Meski begitu gol yang dinanti baru lahir di menit 37 lewat kaki Ivan Perisic.

Di babak kedua, pasukan Ante Cacic memaksa pemain Rep. Ceko untuk bertahan. Semua sudut lapangan berhasil dimanfaatkan pasukan Kroasia untuk mencari peluang.

Gol kedua pun akhirnya lahir di menit 59 lewat Ivan Rakitic. Gelandang Barcelona itu berhasil melepaskan tembakan lob yang melewati hadangan Cech.

Tak mau dipermalukan begitu saja Rep. Ceko mencoba memberikan perlawanan. Milan Skoda yang masuk menggantikan David Lafata berhasil memperkecil kedudukan di menit 76.

Upaya Rep. Ceko untuk menyamakan kedudukan akhirnya terwujud. Mereka pun memperpanjang nafas untuk tetap berada di Perancis. Peluang mereka masih terbuka asalkan di laga terakhir bisa mengalahkan Turki pada 22 Juni mendatang.(exe/ist)

Susunan Pemain:
Rep. Ceko
Petr Cech, Tomas Sivok, David Limbersky, Roman Hubnik, Pavel Kaderabek, Tomas Rosicky, Jaroslav Plasil (Tomas Necid), Jiri Skalak (Josef Sural), Ladislav Krejci, Vladimir Darida, David Lafata (Milan Skoda)
Pelatih : Pavel Vrba

Kroasia

Danijel Subasic, Darijo Srna, Domagoj Vida, Ivan Strinic, Vedran Corluka, Ivan Perisic, Ivan Rakitic, Marcelo Brozovic, Milan Badelj, Luka Modric (Mateo Kovacic), Mario Mandzukic
Pelatih : Ante Cacic

Wasit : Mark Clattenburg (Inggris)
0 Komentar