Selasa, 14 Juni 2016 18:45 WIB

Tingkat Keamanan dan Keselamatan Terminal 3 Ultimate Capai 80 Pesen

Editor : Danang Fajar
Laporan : Hendrik Simorangkir

TANGERANG, Tigapilarnews.com – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melakukan evaluasi terkait keamanan, keselamatan, dan kenyamanan di Terminal 3 Ultimate Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta).

Terminal 3 Ultimate Bandara Internasional Soetta yang menelan dana kurang lebih Rp. 6,7 Triliun tersebut, baru akan di operasikan apabila ke tiga sisi tersebut telah terpenuhi sesuai dengan mandatory Kemenhub.

Direktur Keselamatan Penerbangan Kemenhub, Nasir Usman menjelaskan, Terminal 3 Ultimate Bandara Soetta yang sangat megah dan besar tersebut harus memenuhi standar pengoperasian Bandar udara.

"Dari tiga sisi tersebut, Terminal 3 Ultimate Bandara Soetta baru mencapai 80 persen, tinggal 20 persen saja pengurangannya. 20 persen tersebut, saya kira tinggal memoles yang kurang-kurang saja," ujar Nasir kepada wartawan (14/6/2016).

Lanjutnya, sesuai dengan rencana PT Angkasa Pura II, Terminal 3 Ultimate ini akan dioperasikan tanggal 20 Juni 2016. Namun, apabila segala aspek keselamatan, keamanan sudah dipenuhi.

"Kalau melihat dari sebagian saja Terminal 3 Ultimate yang akan dioperasikan, kita bisa bilang memang cangkupannya kecil. Tapi, jangan main-main, ini adalah keselamatan dan keamanan orang banyak. Satu saja tidak terpenuhi, maka akan berdampak kepada seluruh aspek," jelas Nasir.

Pengoperasian perdana Terminal 3 Ultimate, tambah Nasir, hanya dipergunakan untuk penerbangan domestik saja.

"Dengan bangunan yang sebesar ini, pengoperasian Terminal 3 Ultimate hanya dibuka gate 3,4, dan 5 untuk keberangkatan domestik saja. Sementara Check in, menggunakan hanya counter D,E, dan F yang beroperasi," pungkasnya.
0 Komentar