Selasa, 07 Juni 2016 13:56 WIB

BPTJ Cek Kelengkapan Bus di Terminal Rawamangun

Editor : Danang Fajar
Laporan: Muchammad Syahputra

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementrian Perhubungan (Kemenhub) lakukan Pengecekan Kelengkapan Bus (ramp Check) terhadap beberapa Bus di terminal Rawamangun, Pulogadung, Jakarta Timur.

Ramp Check tersebut dilakukan, dalam rangka memastikan kelengkapan bus yang mengangkut para penumpang, apakah sudah memenuhi standar atau belum.

Koordinator ramp check di Terminal Rawamangun, Benny Nurdin mengatakan mengenai ramp check ini dilakukan guna melihat kesiapan transportasi angkutan umum dan memastikan kondisi kelayakan Busa.

"Kegiatan ini merupakan inspeksi keselamatan yang bertujuan untuk memastikan keadaan bus dalam keadaan prima, aman dan nyaman," ujar Benny,di lokasi Selasa (7/6/2016) siang.

Mengenai layak atau tidaknya armada bus, pihaknya juga sudah melakukan pemeriksaan terhadap hal-hal yang nantinya akan dihadapi pengemudi dan penumpang dalam mengantisipasi suatu hal yang buruk di jalan.

"Pemeriksaan yang dilakukan seperti pengecekan lampu dan perlengkapan lainnya termasuk sabuk keselamatan hingga kondisi ban," katanya.

Dirinya menambahkan,apabila ditemukan suatu yang janggal dan tidak sesuai dengan SOP yang ada. Maka pidakbn menyarankan agar bus tidak beroperasi lagi,

Beda halnya apabila bus memiliki kelengkapan tersebut hanya bersifat kecil, pihaknya memperbolehkan bus untuk beroperasi dengan mengikuti prosesur yang berlaku.

"Untuk sementara masih berikan toleransi kecuali yang fatal seperi ban botak, itu tidak bisa dioperasikan. Tapi kalau seperti kelengkapan kotak P3K masih bisa (dioperasikan) namun diberikan catatan supaya diperbaiki," tutup nurdin.
0 Komentar