Jumat, 03 Juni 2016 23:50 WIB

AS Serang ISIS dari Laut Mediterania

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) mengatakan bahwa jet-jet tempur AS melancarkan serangan terhadap ISIS dari sebuah kapal induk di Laut Mediterania.

Serangan ini menandai pertama kalinya sebuah kapal induk AS menyerang target di Timur Tengah dari Laut Mediterani sejak Perang Irak dimulai pada tahun 2003 seperti dikutip dari laman Reuters, Jumat (03/06/2016).

Jet-jet tempur AS terbang dari kapal induk USS Harry S. Truman yang telah dipindahkan operasinya ke Laut Mediterania melalui Terusan Suez. Namun tidak ada keterangan dimanakah letak sasaran dari serangan tersebut apakah di Irak atau Suriah dan apakah berhasil atau tidak.

"Langkah ini menunjukkan kemampuan operator untuk melakukan misi berkelanjutan bahkan ketika bergerak dari satu daerah ke daerah lain," kata seorang pejabat senior Angkatan Laut AS.

USS Truman dan kapal lain dalam kelompok penyerangan tersebut disiapkan sebagai aset utama dalam perang AS terhadap ISIS. Mereka sat ini bertugas di wilayah operasi Armada ke-5 Angkatan Laut. Mereka juga bekerja sama dengan kapal induk Perancis Charles de Gaulle.(exe/ist)
0 Komentar