Jumat, 20 Mei 2016 23:27 WIB

NATO Sebar Pesawat Pengintai Perangi ISIS

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Sekretaris Jenderal NATO, Jens Stoltenberg, mengatakan NATO bisa memperluas dukungannya untuk membantu koalisi pimpinan Amerika Serikat (AS) dalam memerangi ISIS dengan menyebar pesawat pengintai canggih.

Stoltenberg menambahkan, pesawat pemantau AWACS milik NATO bisa diterbangkan dari wilayah di luar negara anggota dan wilayah udara internasional untuk membantu memerangi ISIS seperti dikutip dari Al Arabiya, Jumat (20/05/2016).

Pada bulan Februari lalu, secara prinsip NATO menyepakati permintaan AS untuk menyebarkan pesawat pengintai udara AWACS untuk membantu memerangi ISIS.

Perjanjian tersebut menyatakan bahwa pesawat NATO tidak akan terlibat langsung dalam memantau ekstrimis. Pesawat NATO bertugas mengisi bahan bakar bagi pesawat AS dan sekutunya yang akan bertugas mengumpulkan data intelijen.

NATO memutuskan untuk tidak bertindak atas permintaan AS agar sepenuhnya bergabung dengan aliansi anti-ISIS, bukan berjanji untuk memberikan dukungan nongaris depan.(exe/ist)
0 Komentar