Kamis, 05 Mei 2016 20:12 WIB

Belum Makan Rawon Berarti Belum ke Surabaya

Editor : A. Amir
SURABAYA, Tigapilarnews.com - Rawon merupakan salah satu hidangan khas Jawa Timur yang bisa Anda temui di Surabaya. Kuahnya berwarna hitam ini merupakan campuran dari kluwak dan rempah lainnya. Salah satu hidangan yang wajib Anda coba saat berkunjung ke Kota Surabaya.

Komposisi rawon tersebut adalah daging berlapis lemak dan kuah berwarna hitam yang berasal dari Kluwak serta campuran rempah-rempah yang menambah cita rasa menjadi nikmat.

Berikut beberapa rekomendasi rawon di wilayah Kota Surabaya.

rawon setan

1. Rawon Setan

Sudah ada sejak tahun 1990, sajian rawon di rumah makan ini bisa Anda cicip. Kalau datang ke Rawon Setan, pasti Anda akan melihat jajaran bingkai foto yang berisi artis-artis yang pernah makan di rumah makan ini.

 

Tempatnya ada di jalan Embong Malang No. 78, Surabaya tepatnya di seberang hotel JW Marriot, Anda akan dengan mudah menemukan tempat makan yang selalu ramai dipadati pengunjung.

Di sini tersedia rawon pisah, rawon campur dan juga rawon buntut. Agar rasanya sedap mantap, tambahkan sambal, makan dengan telur asin dan juga kerupuk udang. Hmm, sedap! (recommended)

2. Rawon Nguling Krembangan

Selain Rawon Setan, ada juga tempat makan rawon yang bisa jadi pilihan. Kuah rawonnya berwarna hitam agak encer dengan potongan daging yang empuk plus kecambah pendek. Semakin enak disantap dengan nasi putih hangat. Tambahkan sambal terasi dan santap dengan kerupuk udang yang renyah.

Kalau ingin mampir, Anda bisa datang ke beberapa cabangnya di Surabaya seperti di Jalan Rajawali dan juga Jalan Kutai. Tempat makan ini termasuk yang sudah legendaris, karena sudah berdiri sejak tahun 1942.

3. Rawon Pak Pangat

Rawon Pak Pangat terletak di Ruko Lotus Jalan Ketintang Selatan, dekat Masjid Agung Surabaya. Rawonnya hampir sama dengan rawon pada umumnya, terdiri dari nasi dengan kuah hitam, kecambah kecil serta taburan bawang goreng. Tapi, yang berbeda dari rawon lainnya ada campuran empal suwir yang empuk dan gurih. Hmm, makin enak disantap dengan tambahan tempe goreng, perkedel dan telur asin.

4. Rawon Kalkulator

Disebut warung kalkulator karena konon, sang pelayan dapat dengan cepat menghitung berapa jumlah uang yang harus dibayarkan pengunjung setelah makan di sini. Rawon Kalkulator ini berada di Taman Bungkul Surabaya. Kalau biasanya rawon disajikan dengan mangkok, di sini nasi disiram dengan kuah rawon hangat yang berisi daging. Dilengkapi dengan kecambah kecil dan sambal terasi.

Anda juga bisa menikmati rawon dengan perkedel kentang yang lembut, tempe goreng, paru goreng dan juga telur asin. Tak ketinggalan kerupuk udang yang renyah.

5. Nasi Rawon Bu Lilik

Sebenarnya warung makan ini lebih terkenal dengan 'Warung Tegal Bu Lilik'. Karena tidak hanya menjual rawon tapi juga aneka nasi seperti nasi pecel, nasi kare, nasi lodeh dan juga nasi cumi.

Berada di Jalan Urip Sumoharjo, rawon disajikan dalam piring yang berisi nasi. Disajikan dengan kecambah kecil, bawang goreng dan sambal.

Bu Lilik juga sediakan perekdel, tempe goreng dan juga telur asin untuk menemani santap rawon yang hangat.
0 Komentar