Kamis, 05 Mei 2016 15:58 WIB

Tiket Pesawat Naik 4 Kali Lipat Selama Long Weekend

Editor : A. Amir
JAKARTA, Tigapilarnews.com - Tiket pesawat long weekend mengalami kenaikan yang cukup fantastik. Untuk rute Jakarta-Surabaya harga tiket pesawat ekonomi mencapai Rp2,3 juta. Padahal harga normal hari biasa hanya sekitar Rp500 ribu.

Sholihin, warga depok yang kini sedang kuliah di UPN Veteran Surabaya mengatakan, orang tuanya hari ini terpaksa membeli tiket dari Jakarta-Surabaya sebesar Rp2,3 juta. "Beruntung tiketnya masih ada, karena beberapa biro juga menjual mahal tapi tiketnya sudah habis," ujarnya, Kamis (5/5/2016) pagi.

Belum ada keterangan resmi dari maskapai terkait melangitnya tiket pesawat saat long weekend kali ini. Sementara itu, Bandara Juanda Surabaya hingga malam tadi terus dibanjiri penumpang.

Hampir sama dengan saat weekend sebelumnya, penumpang pada malam tadi diprediksi mencapai 62.000 orang, atau naik 15 persen dari hari biasanya.

"Kami memperkirakan sepanjang Rabu jumlah penumpang sebanyak 62.700. Hari normal sekitar 53.000 penumpang," kata Yuwono, General Manajer PT Angkasa Pura 1 Juanda.

Sementara itu, terkait tiket pesawat yang mahal, sepenuhnya otoritas maskapai penerbangan. Hukum pasar juga masih berlaku. PT Angkasa Pura selaku pengelola Bandara mencatatat bahwa jalur yang paling padat adalah rute-rute yang biasa dijadikan tujuan untuk berwisata untuk long weekend saat ini.

Sejumlah kota seperti Jakarta, Balikpapan dan Bali adalah penerbangan domestik yang paling banyak diserbu.

Sementara untuk penerbangan internasional adalah Kuala Lumpur, Singapura dan Hongkong.
"Kami juga menambah rute penerbangan yang diajukan oleh Maskapai Nam Air. Yakni untuk tujuan Surabaya-Denpasar. Rute ditambah pada tanggal 5 Mei, 7 dan 8 Mei," jelas Yuwono.
0 Komentar