Senin, 25 April 2016 18:10 WIB

Ahok Ingin DKI Ambil Alih Tanjung Priok

Editor : Danang Fajar
Laporan : Evi Ariska

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), mengatakan pemerintah pusat berencana ingin membangun pelabuhan baru di Subang, Jawa Barat. Jika hal itu terjadi, ia menilai Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berpeluang mengambil alih wewenang pengelolaan Pelabuhan Tanjung Priok.

Ahok pun menyiapkan ancang-ancang agar nantinya pengelolaan Pelabuhan Tanjung Priok digabung dengan pelabuhan yang rencananya akan dibangun Pemprov DKI di Teluk Jakarta, yaitu Port of Jakarta.

"Pemerintah pusat berpikir Tanjung Priok enggak mau dikembangin dan mau dipindah ke Subang. Kita jauh lebih gampang ngembangin yang sudah ada," ujar Ahok di Balaikota DKI, Senin (25/4/2016) sore.

Pada awalnya pelabuhan yang akan dibangun Pemprov DKI rencanaya akan berlokasi di tiga pulau reklamasi, yaitu O,P,dan Q. Namun jika diberi wewenang untuk mengelola Tanjung Priok, Ahok mengatakan pengembangan pulau nantinya akan dilakukan di lima pulau, yakni di M,N,O,P, dan Q. Pulau N sendiri ialah pulau reklamasi yang dibangun oleh operator Pelabuhan Tanjung Priok, PT Pelindo II.

"Nanti Port of Rotterdam kita ajak punya saham sehingga punya jaringan dengan Belanda," ujar Ahok.

Berbeda dari Pulau N yang pembangunannya hampir rampung, saat ini pembangunan pulau O,P,dan Q belum dimulai sama sekali. Ahok menyatakan proses pembangunannya kemungkinan akan dilakukan tahun depan.

"Rencana kalau jadi itu kira-kira 2017 udah mulai," tutup Ahok

0 Komentar