Jumat, 22 April 2016 15:34 WIB

Sutiyoso: Proses Pemulangan Samadikun Selesai Dalam Hitungan Jam

Editor : Hendrik Simorangkir
Laporan : Muchammad Syahputra

JAKARTA, Tigapilarnews.com – Kepala BIN Sutiyoso mengungkapkan kisah di balik pemulangan buronan kakap kasus BLBI Samadikun Hartono dari Shanghai, Cina.

Penangkapan Buronan Kasus Bantuan Likuditas Bank Indonesia (BLBI) Samadikun Hartono, salah satu dari sederet DPO BLBI yang telah kabur selama13 tahun akhirnya, berhasil dilakukan. Langkah tersebut digelar Badan Intelejen China, dibantu aparat Indonesia.

Sutiyoso, setibanya di Bandara Halim Perdanakusumah mengatakan, setelah mendapat restu dari Presiden RI Joko Widodo, dirinya langsung bertolak ke Cina. Di sana, pihaknya mendapat informasi dari aparat setempat terkait lokasi keberadaan Samadikun. Tanpa membuang waktu, kata dia, aparat Indonesia langsung dikerahkan untuk membawa pulang Samadikun.

"Kalau yang bersangkutan tidak bisa kita keluarkan dari Cina pada batas waktu itu, maka akan menjadi rumit dan panjang," tutur Sutiyoso di Ruang VIP bandara, Kamis (21/4/2016) petang.

Hanya dalam hitungan jam, Sutiyoso mengatakan, semua langkah pemulangan Samaduikun tuntas dilakukan. "Pada pukul 6.00 waktu Shanghai, saya bisa keluar membawa SK (Samadikun) ini dan langsung kita  berkoordinasi dengan aparat Cina di Shanghai. Kita koordinasi dan kita menyelesaikan administrasi yang diserahkan untuk bisa mengeluarkan SK ini dari Cina," tambahnya.

Seiring penangkapan dan pemulangan mantan Komisaris Utama Bank Modern yang divonis bersalah dalam kasus penyalahgunaan dana talangan dari Bank Indonesia atau BLBI senilai sekitar Rp 2,5 triliun yang digelontorkan kepada Bank Modern menyusul krisis finansial 1998, Sutiyoso mengapresiasi kerjasama dengan aparat negeri Tirai Bambu tersebut. “Saya pantas berikan Apresiasi tinggi pada aparat Cina tentunya MSS, BIN nya mereka dan kepolisian yang merespon dengan baik dan cepat, sangat kooperatif,” pungkasnya.
0 Komentar