Rabu, 30 Maret 2016 02:21 WIB

Kalah Adu Penalti, MU Gagal Cetak Sejarah di PON 2016/Jabar

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Tim sepak bola Sulawesi Selatan (Sulsel) akhirnya meraih tiket terakhir lolos menuju pekan olahraga nasional (PON) XIX/2016 di Jawa Barat (Jabar).

Kepastian tersebut, usai mengalahkan Maluku Utara (MU) melalui adu penalti, dalam babak play off PON XIX/Jabar, di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Selasa (29/03/2016).
Pada babak adu penalti, dua pemain MU gagal mencetak gol, dan membuat skor berakhir menjadi 3-1. "Kami tentu senang bisa meraih kemenangan ini. Tapi bagi kami, permainan tidak memuaskan. Kami akan perbaiki kedepannya, sehingga bisa bermain maksimal pada laga PON Jawa Barat nanti," kata Manajer Sulsel, Erwin Hatta usai pertandingan.

Rencananya skuad Sulsel yang ada saat ini akan kembali diseleksi lebih dalam. Sehingga nantinya, ada pertukaran pemain. "Kita akan siapkan untuk melakukan try out ke Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Timur dan lainnya. Langkah ini dilakukan untuk kembali menyeleksi tim ini semakin baik," papar Erwin.

Sementara itu, Manajer MU, Asghar Saleh, mengakui kekalahan ini. Meski demikian, ia tetap memuji perjuangan Mahdi Fahri Albaar hingga bisa mencapai babak play off karena mampu bermain sekuat tenaga. Terlebih, lawan juga memberikan perlawanan sengit. "Kita akui kekalahan ini. Setidaknya kami kalah secara terhormat," tuturya.


Asghar juga menyayangkan tidak ikutnya Ilhamudin Armain lantaran harus membela PS Polri di Piala Bhayangkara. "Kehilangan bebarapa pemain itu sangat berdampak, terutama Ilham. Tapi perjuangan anak-anak sudah luar biasa. Fakta hari ini kita tersingkir," ucap Asghar.


Asghar juga memuji keputusan wasit Asep Yandis selama memimpin pertandingan. "Wasit tidak masalah. Bagus. Kami harus menerima nasib ini," tandas dia.


Dengan kekalahan ini, Malut menambahkan catatan gagal lolos puataran final sebanyak dua kali. Masing-masing yaitu, 2008 dan 2016.


Alhasil, kini sudah ada tujuh tim yang lolos pada babak kualifikasi PON XIX/2016 cabang sepak bola yang digelar di lima tempat di Jawa Barat. Masing-masing yakni Gorontalo, Jawa Tengah dan DKI Jakarta (Grup A), Bali (Grup B), Kalsel (Grup C), dan Papua (Grup F).

Sedangkan tim lain yang sudah menunggu yaitu tuan rumah Jawa Barat, juara bertahan Kaltim, dan tiga tim yang sudah lolos dari zona Sumatra yaitu Sumut, Sumbar, dan Bangka Belitung.(exe)
0 Komentar