Rabu, 30 Maret 2016 01:25 WIB

Tak Ada Korban, Pembajak Pesawat EgyptAir Serahkan Diri

Editor : Yusuf Ibrahim

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Pembajakan pesawat EgyptAir MS181 yang terbang dari Alexandria menuju Kairo, Mesir, berakhir, Selasa (29/03/2016).


Pelaku pembajakan pesawat itu menyerahkan diri pada aparat keamanan. Seperti dilaporkan Reuters, tak ada korban dalam peristiwa pembajakan ini.

Semula dilaporkan bahwa pelaku pembajakan bernama Ibrahim Abdel Tawwab Samaha. Namun belakangan, aparat Mesir meralat nama pelaku. Menurut otoritas Mesir, pelaku yang memaksa pesawat mendarat di bandara Larnaca, Siprus itu adalah Seil El Din Mustafa.

Otoritas Penerbangan Sipil Mesir mengatakan, pilot pesawat itu, Omar al-Gammal, telah memberitahu pihak berwenang bahwa ia diancam oleh penumpang yang mengaku mengenakan sabuk bom bunuh diri dan memaksanya untuk mengalihkan penerbangan ke Larnaca.

Foto-foto yang ditampilkan di televisi negara Mesir menunjukkan pria paruh baya di pesawat memakai kacamata dan menampilkan sabuk putih dengan kantong dan kabel-kabel yang menonjol.

Setelah pesawat mendarat di bandara Larnaca, negosiasi dengan Mustafa mulai dilakukan. Ia membebaskan semua sandera, kecuali tiga penumpang dan empat awak. Belakangan, semua sandera dibebaskan dan Mustafa menyerahkan diri. Pesawat jenis Airbus 320 itu sendiri mengangkut 81 orang, termasuk 21 warga asing dan 15 kru.

Hingga kini belum diketahui apa motif di balik tindakan nekat Mustafa ini. Berbicara kepada wartawan setelah krisis berakhir, Perdana Menteri Mesir, Sherif Ismail mengatakan, pembajak adalah warga negara Mesir, tapi belum jelas apa motif pembajakan ini.

"Di beberapa momen, ia meminta untuk bertemu dengan perwakilan dari Uni Eropa dan pada momen lain ia minta untuk pergi ke bandara lain, tapi tidak ada yang spesifik," kata Ismail.(exe/ist)

 
0 Komentar